Apa Perbedaan Tiket Kereta Ekonomi CA, C, P, Q, S, dan Z?

Kamis, 06 April 2023 - 22:59 WIB
loading...
Apa Perbedaan Tiket Kereta Ekonomi CA, C, P, Q, S, dan Z?
Kereta api merupakan moda transportasi yang jadi favorit masyarakat. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan tiket kereta ekonomi CA, C, P, Q, S, dan Z menarik untuk dikulik. Mengingat kini banyak kelas ekonomi yang bisa menjadi pilihan masyarakat.

Seperti diketahui, kereta api merupakan moda transportasi yang jadi favorit masyarakat. Selain harganya yang cukup terjangkau, melakukan perjalanan dengan kereta memangkas waktu cukup banyak dibandingkan lewat jalur darat.

Tak hanya itu, menggunakan kereta api juga bisa terbebas dari macet dan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Tak heran bila kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian.



Lantas, apa sih perbedaan tiket kereta CA, C, P, Q, S, dan Z?

Namun, sebelum mengetahui penjelasannya, perlu diketahui dulu bahwa kereta api memiliki beberapa kelas mulai Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis, Kelas Eksekutif, hingga Luxury. Setiap kelas tentu memiliki perbedaan harga tiket, fasilitas, dan pelayanan.

Kelas Ekonomi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau. Kelas Ekonomi juga ada beberapa tipe lho. Ada yang memiliki tempat duduk 106 kursi, 80 kursi, hingga 64 kursi khusus untuk difabel, lansia, dan pelanggan dengan kebutuhan khusus lain.

Sementara itu, untuk Kelas Ekonomi juga ada beberapa subclass tiket kereta CA, C, P, Q, S, dan Z yang membuat banyak pelanggan bingung dengan subclass tersebut. Namun, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari subclass tersebut.



Subclass itu hanya untuk menunjukkan variasi tarif agar penumpang bisa memilih tempat duduk sesuai dengan harga yang diinginkan.

“Kode tiket kereta CA, C, P, Q, S, dan Z merupakan subclass pada KA Ekonomi, dengan fasilitas dan pelayanan yang sama. Kode tersebut hanya merupakan variasi tarif agar penumpang dapat memilih sesuai dengan harga yang diinginkan selama masih tersedia,” tulis akun @kai121 dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (6/4/2023).

Untuk harga, setiap subclass berbeda tarifnya. Hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada para penumpang yang melakukan pemesanan tiket dari jauh-jauh hari sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)