6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Jum'at, 07 April 2023 - 14:41 WIB
loading...
6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah
Kamboja memiliki keberagaman kuliner dengan rempah-rempah yang sangat kuat. Rasanya pun unik dan enak. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kamboja merupakan salah satu negara di Asia Tenggara. Seperti negara lain di regional ini, Kamboja juga memiliki keberagaman kuliner dengan rempah-rempah yang sangat kuat. Rasanya pun unik dan enak.

Beberapa rekomendasi makanan patut Anda coba. Makanan khas dari negara berjuluk Tanah Kedamaian dan Kemakmuran itu biasanya menggunakan bahan baku nasi serta ikan air tawar.

Berikut makanan khas Kamboja yang patut Anda coba, seperti dirangkum pada Jumat (7/4/2023).


1. Amok

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Shutterstock

Amok salah satu makanan khas Kamboja yang populer. Makanan ini berbahan dasar ikan yang dipotong-potong menjadi dadu, lalu dibumbui santan, telur, kecap ikan, gula aren, dan bumbu khusus bernama kroeung. Setelah itu dikukus dalam balutan daun pisang.

Penampilan dan rasanya mirip seperti kari. Makanan ini juga menjadi hidangan yang spesial bagi masyarakat Kamboja.

2. Kuy Teav

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Shutterstock

Hidangan ini menjadi jajanan kaki lima yang populer. Masyarakat Kamboja biasanya menyantap hidangan ini untuk sarapan. Kuy teav atau sup mi, terbuat dari tulang babi atau sapi dan bihun.

Kuah kaldu beraroma ini diberi taburan bawang merah dan bawang putih goreng, tauge, daun bawang, serta rempah-rempah aromatik. Bisa juga ditambahkan bakso daging babi atau ikan. Pelengkapnya adalah sambal, setengah jeruk nipis, dan saus hoisin.

3. Nom Banh Chok

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Shutterstock

Num banh chok adalah hidangan mi lain yang biasanya disajikan untuk sarapan atau dikonsumsi sebagai camilan sore hari. Mi beras yang difermentasi ini dibuat dengan tangan di penggilingan batu atau kayu, lalu disiram kuah serai, daun jeruk purut, lengkuas, kunyit, dan ikan air tawar yang telah direbus berjam-jam dalam santan.

Mi ini kemudian juga ditaburi sayuran mentah seperti bunga pisang, mentimun, dan batang teratai, serta rempah-rempah segar seperti daun mint dan kemangi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)
pixels