Resep Shakshuka Telur, Sajian Sarapan Khas Timur Tengah

Sabtu, 08 April 2023 - 05:30 WIB
loading...
Resep Shakshuka Telur, Sajian Sarapan Khas Timur Tengah
Hidangan Shakshuka ini berisi telur ceplok yang umumnya disajikan setengah matang di dalam saus tomat, cabai, dan bawang bombai. Foto/Wiwie Heriyani/MPI
A A A
JAKARTA - Kuliner dengan bahan utama telur telah menjamur di berbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia. Misalnya, scramble egg, sajian telur khas negara-negara Eropa yang di Tanah Air lebih dikenal dengan nama Telur Orak-Orik.

Namun, nan jauh di negara Timur Tengah sana, ternyata juga memiliki kuliner khas dengan bahan utama telur. Bahkan, sajian ini cukup unik.

Namanya Shakshuka. Hidangan ini berisi telur ceplok yang umumnya disajikan setengah matang di dalam saus tomat, cabai, dan bawang bombai.

Di beberapa restoran, hidangan Shakshuka sering kali diberi rasa pedas dengan jintan putih. Hidangan khas satu ini diyakini berasal dari Israel, Tunisia dan Libya.



Menu sarapan ala Timur Tengah ini cukup menjadi favorit di benua Eropa, bahkan di Indonesia. Beberapa cafe dan restoran Tanah Air juga menjual menu khas satu ini.

Salah satunya, Anda bisa mencoba sajian Shaksuka ini di 1/15 Coffee, Sequoia Hills Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dari segi penampilan, sajian ini cukup menggugah selera. Warnanya tampak kontras dan menggoda. Soal cita rasa, tentu bakal menggoyang lidah.

Terutama, bagi Anda pecinta makanan khas kuliner Timur Tengah yang sudah familiar dengan cita rasa rempah-rempahnya yang khas. Biasanya, Shakshuka lebih lezat disajikan dengan kulit tortila hangat.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin membuat sendiri sajian Shakshuka di rumah, berikut resep yang bisa Anda coba dengan bahan-bahan yang terbilang tidak terlalu rumit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)