Makna dan Sejarah Hari Paskah, Kebangkitan sang Juru Selamat

Sabtu, 08 April 2023 - 23:35 WIB
loading...
Makna dan Sejarah Hari Paskah, Kebangkitan sang Juru Selamat
Sebentar lagi umat Nasrani di seluruh dunia akan menyambut Hari Paskah. Tahun ini, hari kebangkitan sang juru selamat ini jatuh pada Minggu (9/4/2023). Foto/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Sebentar lagi umat Nasrani di seluruh dunia akan menyambut Hari Paskah . Tahun ini, hari kebangkitan sang juru selamat ini jatuh pada Minggu (9/4/2023).

Hari Paskah pun menjadi peringatan yang paling dinantikan umat Nasrani. Ini merupakan momen mereka untuk berdoa dan merenungkan dosa di lahir bangkitnya Yesus Kristus.

Perayaan Hari Paskah sendiri juga memiliki cerita haru di belakangnya. Sejarah peringatan ini pun begitu membekas khususnya bagi para pemeluk agama Kristen.

Sejarah Hari Paskah



Dilansir dari Chrisymas Central, Sabtu (8/4/2023) Hari Paskah sebenarnya berasal dari perayaan pagan kuno dari titik balik musim semi. Dalam agama Kristen, hari itu didedikasikan untuk mengamati kebangkitan Yesus Kristus, dirayakan sekitar waktu Paskah Yahudi.



Namun, dengan penyebaran Injil Kristus, orang Kristen yang tidak berpartisipasi dalam adat Yahudi akhirnya menggabungkan perayaan mereka dengan festival musim semi dan mengakui Paskah sebagai hari kebangkitan.

Salah satu simbol yang paling dikenal terkait dengan Hari Paskah adalah telur Paskah. Simbol ini dapat ditelusuri kembali ke Babilonia Kuno, yang percaya telur jatuh dari surga ke Sungai Efrat, dan "menetas" dewi kesuburan, Astarte. Mereka akan bertukar telur sebagai hadiah selama festival musim semi.

Telur tersebut akan dicat dengan warna-warna cerah dan digunakan dalam perburuan telur Paskah yang populer. Nantinya, telur-telur tersebut akan disembunyikan untuk ditemukan dan dikumpulkan oleh anak-anak.

Selain telur, simbol ikonik dari peringatan Paskah adalah kelinci. Kelinci Paskah adalah tradisi yang berasal dari festival pagan Eostre, yang diwakili oleh dewi utara yang diasosiasikan dengan kelinci dan kelinci. Kelinci Paskah modern membawa telur dan suguhan untuk dinikmati anak-anak setiap Paskah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)