Alasan Berat Badan Naik saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Senin, 10 April 2023 - 07:37 WIB
loading...
Alasan Berat Badan Naik saat Puasa dan Cara Mengatasinya
Berat badan naik saat puasa kerap dialami banyak orang. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kebiasaan tidak sehat yang dilakukan selama bulan Ramadan. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Berat badan naik saat puasa kerap dialami banyak orang. Kondisi ini umumnya disebabkan karena beberapa kebiasaan tidak sehat yang tanpa disadari dilakukan selama bulan Ramadan.

Puasa, dikatakan ahli gizi dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK baik untuk kesehatan tubuh. Di mana praktik ini bisa menjadi detoks. Namun, berat badan naik disebabkan karena ketidakmampuan mengontrol diri saat berbuka puasa .

“Buka puasa banyak yang jadi balas dendam. Langsung makan gorengan, minumnya kolak, terus sirup,” kata dr Marya di Jakarta baru-baru ini.

“Kalau dihitung itu makanan dan minuman berapa kalori coba? Udah manis ditambah sama gorengan," sambungnya.



Makan dan minuman manis berlebihan, dijelaskan dr Marya akan menumpuk kalori yang menjadi penyebab berat badan naik. Kondisi ini akan diperparah dengan momen buka puasa bersama.

Di mana bertemu teman dan makan bersama, disebut dr Marya sering membuat banyak orang lupa diri. Akibatnya mengonsumsi makanan dan minuman berlebihan dan tidak terkontrol.

“Belum lagi saat buka puasa bersama. Ketemu sama temen kan seneng tuh. Ketawa-ketawa, jadi lupa untuk kontrol diri makan dan minum. Tidak perhatikan ini sehat atau tidak,” jelas dr Marya.

“Dikonsumsimya dalam jumlah besar lagi. Akibatnya berat badan pun naik," tambahnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)