Apa yang Terjadi jika Puasa Tanpa Sahur? Begini Kata Ahli Gizi

Selasa, 11 April 2023 - 08:18 WIB
loading...
Apa yang Terjadi jika Puasa Tanpa Sahur? Begini Kata Ahli Gizi
Makan sahur bermanfaat untuk memenuhi asupan pada tubuh agar tetap fit selama beraktivitas ketika berpuasa Ramadan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Umat Islam yang menjalankan puasa Ramadan disunnahkan untuk melakukan sahur sebelum adzan subuh berkumandang. Makan sahur bermanfaat untuk memenuhi asupan pada tubuh agar tetap fit selama beraktivitas.

Akan tetapi, banyak juga orang yang justru menghindari sahur , karena malas bangun atau tidak memiliki selera makan. Tak jarang, mereka memilih hanya meminum air putih.

Apakah diperkenankan sahur minum air putih saja? Menurut ahli gizi, Mifta Novikasari, S.P., M.KM, tidak disarankan saat sahur hanya mengonsumsi air putih.



"Jangan, kasihan tubuh. Kita menahan lapar selama 13 jam, kalau cuma air putih, enggak dapat karbo, mineral, dan proteinnya," kata Mifta saat ditemui dalam sebuah acara talkshow di Jakarta, Senin, 10 April 2023.

Sahur memang merupakan momen yang sangat berat karena masih mengantuk. Akan tetapi, harus tetap dipaksakan untuk sahur agar tubuh tetap mendapat nutrisi yang optimal selama berpuasa.

Pasalnya, kata Mifta, bila nutrisi pada tubuh tidak tercukupi akan menyebabkan berbagai macam penyakit.



"Saat puasa daya tahan tubuh rentan menurun. Kalau tidak dapat asupan nutrisi yang cukup akan membuat lemas dan virus mudah masuk ke tubuh," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)