Mudik saat Cuaca Ekstrem, Lakukan 8 Langkah Ini Agar Tetap Sehat

Rabu, 12 April 2023 - 11:10 WIB
loading...
Mudik saat Cuaca Ekstrem, Lakukan 8 Langkah Ini Agar Tetap Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap sehat dan aman selama mudik ke kampung halaman. Khususnya saat cuaca ekstrem seperti hujan lebat. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap sehat dan aman selama mudik ke kampung halaman. Khususnya saat cuaca ekstrem seperti hujan lebat setelah musim kemarau.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem mulai 15 April 2023 - 21 April 2023. Ada enam wilayah yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem.

Yaitu Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua. Sementara daerah lain diminta waspada, seperti Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Yogyakarta.

Sekain itu, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat. Sehingga pemudik diimbau untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya.

Tips Mudik Sehat saat Cuaca Ekstrem



Ini karena cuaca ekstrem bisa memengaruhi kebugaran, terlebih mudik kerap kali menyita energi yang tidak sedikit. Berikut tips sehat saat mudik di tengah cuaca ekstrem seperti dirangkum dari Instagram Hermina Hospitals, Rabu (12/4/2023).



1. Konsumsi Buah dan Sayur


Makanan kaya antioksidan seperti sayur dan buah sangat menunjang sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dipercaya dapat menangkal radikal bebas, sehingga tubuh dapat menekan kerusakan sel dan memperkuat sistem imun.

Sayuran terbukti meningkatkan produksi senyawa tertentu yang mengatur sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Protein


Asupan protein yang cukup saat buka puasa maupun sahur bisa membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber protein diusahakan berasal dari daging putih seperti ikan dan ayam, maupun sumber protein nabati seperti kacang-kacangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)