Dorong Pemberdayaan Kaum Hawa di Bidang Digital, PMD Gelar Perempuan Punya Bisnis Festival 2023

Jum'at, 14 April 2023 - 15:00 WIB
loading...
Dorong Pemberdayaan Kaum Hawa di Bidang Digital, PMD Gelar Perempuan Punya Bisnis Festival 2023
Perempuan Maju Digital (PMD) menyelenggarakan Perempuan Punya Bisnis Festival 2023 dengan tajuk Perempuan Berdaya: Meningkatkan Kesetaraan dengan Inklusivitas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perempuan Maju Digital (PMD) menyelenggarakan Perempuan Punya Bisnis Festival 2023 dengan tajuk Perempuan Berdaya: Meningkatkan Kesetaraan dengan Inklusivitas. Event ini adalah perayaan tiga tahun PMD bersama She Means Business dari Meta Indonesia, sebagai program dan wadah bertemunya para perempuan pemilik bisnis kecil.

Event tahunan kali ini didukung para pemimpin pemerintahan, pelaku industri digital, dan tokoh masyarakat yang peduli dengan pemberdayaan perempuan di bidang teknologi digital.

Perempuan Punya Bisnis Festival 2023 dibuka oleh Anantya selaku Managing Director Think.Women, yang memaparkan tema Perempuan Berdaya: Meningkatkan Kesetaraan dengan Inklusivitas.

Anan dalam opening remarks-nya mengatakan, perempuan memiliki potensial besar sebagai pemimpin dan penggerak ekonomi. Namun faktanya, perempuan masih mengalami kesenjangan di berbagai sektor seperti akses informasi, pengetahuan, dan pendanaan.

Hal ini didukung oleh data Bank Dunia yang menunjukkan perempuan pemilik bisnis di seluruh dunia mengalami kesenjangan terhadap akses pasar dan jaringan yang membatasi kemampuan mereka dalam pengembangan bisnis.

“Perempuan perlu diberi kesempatan yang sama dan perlu keberanian untuk mengambil kesempatan tersebut. Kolaborasi dan kemudahan mengakses informasi, akses pengetahuan, serta mendapatkan dukungan menjadi kunci adanya pemberdayaan yang inklusif dan setara," papar Anan belum lama ini.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memaparkan, saat ini persentase pelaku UMKM perempuan di Indonesia mencapai 20 persen, di mana rata-rata pelaku bisnis perempuan global hanya 8 persen.

Perempuan punya peran penting karena mereka dapat mengambil peran selaku wirausaha agar ekonomi kokoh dan berkelanjutan dan juga punya peran untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga menyerukan hal serupa. UMKM Indonesia adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, dan perempuan pelaku bisnis memegang peran strategis dalam pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan dukungannya untuk para perempuan, terutama pelaku bisnis untuk aktif membangun kolaborasi dengan partner potensial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)