5 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Nomor 4 Tak Disangka

Minggu, 16 April 2023 - 17:40 WIB
loading...
5 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Nomor 4 Tak Disangka
Manfaat buah kurma untuk ibu hamil wajib diketahui, terutama bagi Anda yang kini berpuasa dan mengandung sang buah hati.Diketahui buah kurma dinilai mampu memberikan energi, setelah seharian berpuasa. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Manfaat buah kurma untuk ibu hamil wajib diketahui, terutama bagi Anda yang kini berpuasa dan mengandung sang buah hati. Diketahui buah kurma dinilai mampu memberikan energi, setelah seharian berpuasa.

Tak hanya itu, sebagaimana dikutip dari Organicfacts bahwa penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, menunjukkan kurma kaya nutrisi penting dapat membantu Anda mendapatkan kembali energi dengan segera.

Lantas apa saja manfaat buah kurma bagi ibu hamil? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kandungan folat
Kandungan folat dalam kurma bagi ibu hamil jadi nutrisi penting selama kehamilan karena mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida. Kurma menyediakan 15 mcg folat per porsi 100 gram.



2. Zat besi
Dalam kurma juga mengandung zat besi, diketahui untuk mencegah anemia. Anemia defisiensi besi yang parah dapat meningkatkan peluang ibu untuk melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah, dan mengembangkan depresi pascamelahirkan.

3. Kalium
Secara umum saat trimester pertama ibu hamil cenderung mual dan muntah. Efeknya, menurunkan kadar kalium dalam tubuh.
Kandungan potasium di kurma bisa menjaga keseimbangan cairan dan mendukung fungsi sel secara teratur.

Kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi jumlah harian yang direkomendasikan yaitu 4.700 miligram potasium. Kurma memiliki 696 miligram potasium dalam porsi 100 gram (sekitar 4 kurma).

4. Rendah lemak
Kurma bisa dijadikan salah satu camilan sehat bagi ibu hamil. Melansir WebMD kurma masuk makanan indeks glikemik (GI) rendah.

"Ini berarti mereka dicerna lebih lambat dan tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah Anda secara cepat," keterangan dalam website.

5. Anti berbagai penyakit
Kandungan baik dalam kurma juga bisa menurunkan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

"Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, alzheimer, dan diabetes," keterangan dalam Healthline.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)