Mudik ke Kampung Halaman, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Jakarta Berikut Ini

Senin, 17 April 2023 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Minuman herbal yang telah ada sejak zaman kolonial ini dibuat menggunakan bahan-bahan dari rempah-rempah tradisional, seperti daun pandan, kayu manis, pala, lada, jahe, serai, dan lainnya yang memiliki manfaat bagi tubuh.

3. Kue Geplak

Mudik ke Kampung Halaman, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Jakarta Berikut Ini
(Foto: Ini Baru)

Gue geplak dapat ditemui pada saat acara acara tertentu, seperti lamaran, karena sering juga digunakan sebagai seserahan layaknya roti buaya.

Kue geplak memiliki cita rasa manis dengan tekstur lembut. Kue ini dinamakan demikian karena dalam proses pembuatannya menggunakan tangan untuk menepuk-nepuk adonan, yang dalam bahasa setempat gerakan tersebut dinamakan sebagai geplak.

Namun sayang, keberadaan kue geplak kini sangat sulit untuk dijumpai dan bahkan hampir tidak ada.

4. Kue Akar Kelapa

Mudik ke Kampung Halaman, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Jakarta Berikut Ini
(Foto: Cookpad)

Masih oleh-oleh berupa makanan, kue akar kelapa merupakan jajanan khas Betawi yang berbahan dasar tepung beras dengan tekstur renyah, dan bercita rasa manis gurih. Kue akar kelapa bisa disajikan lagi di rumah, untuk variasi kue lebaran.

5. Pencok Betawi


Sesuai dengan namanya, pencok betawi atau kentang mustafa merupakan makanan dengan bahan dasar kentang. Pengolahannya yaitu dengan mengiris kentang dalam bentuk memanjang dan lembut.

Pencok Betawi terdiri dari dua rasa, yaitu pedas dan asin. Makanan satu ini paling nikmat dijadikan lauk dengan nasi putih hangat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)