Beredar Ikan Makarel Kaleng Palsu, BPOM Minta Masyarakat Waspada

Senin, 17 April 2023 - 12:50 WIB
loading...
Beredar Ikan Makarel Kaleng Palsu, BPOM Minta Masyarakat Waspada
Ikan makarel kaleng palsu beredar di pasaran. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peredaran ikan palsu ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ikan makarel kaleng palsu beredar di pasaran. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peredaran ikan palsu ini.

Atas temuan tersebut, Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil tindakan tegas. Di mana ikan makarel kaleng palsu itu ditarik dari pasar dan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Ada ikan makarel kaleng yang dipalsukan. Kami akan tindak tegas," kata Kepala Penny dalam webinar, Senin (17/4/2023).

"Informasi selanjutkan akan kami laporkan secara berkala ke masyarakat. Ini menjadi public warning bagi masyarakat bahwa ada ikan makarel kaleng yang dipalsukan," sambungnya.



Namun, Penny tidak menjelaskan lebih lanjut soal ikan makarel kaleng palsu tersebut. Begitu juga soal jumlah hingga lokasi penemuan ikan tersebut.

Dilansir dari The Guardian, ikan makarel palsu memiliki beberapa ciri-ciri yang wajib diketahui. Salah satunya rasa yang hambar dan nilai gizi tidak setinggi ikan yang asli.

Selain itu, Ahli Strategi Agribisnis Prince Wale Adekoya menjelaskan bahwa ikan makarel palsu umumnya mempunyai tekstur seperti plastik. Saat dimasak, ikan akan mengeluarkan busa.

"Saat dimakan, ikan makarel palsu susah dicerna," jelas Adekoya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)