Ringankan Pekerjaan Rumah Menjelang Lebaran dengan Setrika Uap, Intip Kelebihannya

Senin, 17 April 2023 - 15:54 WIB
loading...
Ringankan Pekerjaan Rumah Menjelang Lebaran dengan Setrika Uap, Intip Kelebihannya
Dua tipe jenis setrika uap yakni listrik dan gas atau boiler (Foto dok: Tokopedia)
A A A
JAKARTA - Tak terasa dalam waktu dekat ini kita akan menyambut hari raya Idulfitri setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Dalam menyambut hari raya yang sangat dinanti bagi umat muslim ini pastinya banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan. Oleh karena itu, terkadang pekerjaan rumah yang lain pun terbengkalai, terutama pekerjaan rumah yang sangat menyita waktu seperti menyetrika pakaian.

Kegiatan menyetrika pakaian memang terkesan melelahkan. Namun, ada solusi yang bisa diterapkan untuk setidaknya dapat meringankan kegiatan menyetrika di rumah yakni mengganti setrika dengan tipe jenis setrika uap.

Setrika uap adalah jenis setrika yang mengandalkan uap dari air untuk mengeringkan serta melicinkan pakaian. Saat ini di pasaran ada berbagai tipe dan jenis setrika uap yang ditawarkan. Namun, pada umumnya ada sejumlah kelebihan yang dimiliki setrika uap.

Hemat waktu
Kelebihan yang paling utama dari penggunaan setrika uap dibandingkan setrika konvensional ialah dapat menghemat waktu. Pasalnya, penggunaan uap air pada setrika uap ini bekerja sebagai perantara panas dimana dengan uap yang dihasilkan memiliki efek menyebar dengan cepat. Efeknya kerutan di pakaian lebih mudah hilang. Uap panas dari setrika juga berfungsi untuk mengeringkan pakaian sehingga mampu mempersingkat proses menyetrika.

Dapat digunakan untuk segala jenis pakaian
Keunggulan lain yang dimiliki setrika uap yakni dapat menyesuaikan kebutuhan. Setrika uap memungkinkan kita menyetrika mulai dari pakaian yang berbahan tipis seperti sutera, hingga yang berbahan tebal seperti jaket dan jeans tanpa perlu menunggu suhu yang sesuai untuk digunakan pada bahan tersebut.

Hal ini memungkinkan karena uap panas yang bertekanan dapat kita atur seketika serta uap yang dihasilkan pun tak akan sampai merusak pakaian, sehingga kegiatan menyetrika berbagai jenis pakaian dapat berlangsung pada waktu yang bersamaan.

Setrika uap ini dibagi menjadi dua jenis yakni setrika uap yang menggunakan listrik dan setrika uap yang menggunakan gas atau boiler. Berikut adalah rekomendasi berbagai macam tipe setrika uap yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

1. Setrika Uap Listrik

Kelebihan daripada tipe setrika uap ini adalah dari keringkasan bentuknya yang tidak berbeda jauh dari setrika konvensional. Perbedaan yang dapat kita temukan yakni di bagian bawahnya yang memiliki lubang untuk mengeluarkan uap air, serta desain yang sedikit membesar karena adanya tempat untuk menampung air.

Ringankan Pekerjaan Rumah Menjelang Lebaran dengan Setrika Uap, Intip Kelebihannya

Setrika uap listrik Philips (Foto dok: Tokopedia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)