Bertemu Once Mekel Usai Berseteru soal Royalti, Ahmad Dhani: Nggak Pernah Bermusuhan

Selasa, 18 April 2023 - 19:10 WIB
loading...
Bertemu Once Mekel Usai Berseteru soal Royalti, Ahmad Dhani: Nggak Pernah Bermusuhan
Musisi Ahmad Dhani dan Oce Mekel akhirnya kembali bertemu usai berselisih soal isu royalti, yang belum dibayarkan oleh promotor acara. Foto/Ayu Utami Anggraeni/MPI
A A A
JAKARTA - Musisi Ahmad Dhani dan Oce Mekel akhirnya kembali bertemu usai berselisih soal isu royalti, yang belum dibayarkan oleh promotor acara.

Mereka bertemu dalam acara diskusi bersama beberapa komposer lainnya yang tergabung dalam Wami di kantor Kemenkumham di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

Dalam kesempatan itu, mereka membahas soal urusan membahas penggunaan lagu dan sistem royalti menurut UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014. Ahmad Dhani menegaskan bahwa dirinya dengan once tidak memiliki masalah pribadi.

"Sebenarnya saya sama Once nggak pernah bermusuhan. Cuma bertemu di kementerian ini emang diinisiasi diatur oleh pak Effendi Simbolon," ujar Ahmad Dhani di kantor Kemenkumham, Selasa (18/4/2023).



Once Mekel juga mengatakan jika pertemuan ini sudah menemukan titik terang. Solusinya dengan adanya FGD atau focus group discussion.

"Ya saya rasa baik ya pertemuan hari ini. Paling tidak ada titik cerah, nanti ada langkah berikutnya yang lebih konkret. Wujudnya adalah FGD, mungkin tadi sudah disampaikan. Agar semua pihak itu bertemu," jelas Once Mekel.

Pada pertemuan ini, Ahmad Dhani dan Once sepakat untuk membawakan lagu Dewa 19 harus izin, khususnya buat penyanyi profesional.

"Semua pengarang lagu sudah sepakat bahwa semuanya harus pakai izin," imbuh Ahmad Dhani.

Selain itu, Ahmad Dhani juga mengatakan jika event organizer atau promotor harus membayar royalti apabila musisi membawakan lagu orang lain di suatu konser.

Tak hanya Once Mekel dan Ahmad Dhani, ada musisi lain seperti Piyu, Rieke Roslan, Badai, Yovie Widianto, Denny Chasmala, Dee Lestari, Ade Govinda, Posan Tobing, dan Pika Iskandar.

Sebelumnya, Ahmad Dhani sempat memberikan peringatan kepada Once Mekel agar tidak membawakan lagu-lagu milik Dewa 19.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)