Pulangkan 7 TKW Terlantar di Malaysia, Uya Kuya: Jangan Ada Lagi yang Terperdaya Calo

Selasa, 18 April 2023 - 20:00 WIB
loading...
Pulangkan 7 TKW Terlantar di Malaysia, Uya Kuya: Jangan Ada Lagi yang Terperdaya Calo
Uya Kuya memulangkan tujuh Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang sebelumnya ditemukan terlantar di kolong jembatan di Malaysia itu. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Presenter yang juga rapper Surya Utama atau yang dikenal Uya Kuya memulangkan tujuh Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang sebelumnya ditemukan terlantar di kolong jembatan di Malaysia.

Terlihat Uya Kuya menjemput langsung para TKW tersebut di terminal 2E Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (18/4/2023) sore. Dalam kesempatan itu, Uya Kuya mengatakan apa yang dilakukannya bersama tim Gerak Cepat (Gercep) merupakan sebagian kecil saja.

"Karena kalau kita lihat besarnya tenaga kerja masuk dengan jalur ilegal itu sangat banyak dan rata-rata bermasalah dan parahnya rata-rata dari mereka itu nggak digaji," ungkap Uya Kuya.

Tak hanya itu, Uya Kuya juga menjelaskan banyak dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengalami penyiksaan. Bahkan, lanjut dia, ada juga TKI yang tidur sama anjing.



“Saya ingin mengedukasi bahwa jangan ada lagi masyarakat kita yang jadi tenaga kerja dengan jalur ilegal karena pasti bermasalah," kata Uya Kuya.

"Dan kalau sampai di sana pasti akan susah makanya butuh peran serta masyarakat melakukan hal yang sama minimal ikut menbantu edukasi intinya masyarakat jangan terperdaya sama calo-calo gila itu yang hanya menipu jebakan batman jangan terjadi lagi,” tambahnya.

Ia menjelaskan tujuh TKW yang dipulangkan akan didampingi Unit Gercep sampai ke daerah asal masing-masing. Mereka berasal dari Lombok, NTB; Indramayu, Jawa Barat; Bondowoso, Jawa Timur dan NTT.

"Unit Gercep saat ini sedang.melakukan advokasi TKI di Malaysia dalam rangka pemulangan dan pendampingan hukum. Kita sebenarnya ingin memulangkan lebih banyak tetapi yang administrasinya lengkap dan berhasil kita pulangkan ada tujuh orang," tegas Uya Kuya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)