6 Artis yang Mengidap Autoimun, Nomor 4 Sempat Depresi

Kamis, 20 April 2023 - 12:36 WIB
loading...
6 Artis yang Mengidap Autoimun, Nomor 4 Sempat Depresi
Raditya Dika merupakan salah satu artis yang mengidap autoimun. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Artis yang mengidap autoimun ternyata tidak sedikit. Mulai dari Mulai dari artis Indonesia sampai internasional sekalipun banyak yang mengaku memiliki penyakit tersebut.

Apa sebenarnya penyakit autoimun? Secara garis besar, autoimun merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh seseorang. Dalam keadaan normal, apabila tubuh terserang organisme asing, entah virus maupun bakteri, sistem kekebalan tubuh bakal melepas antibodi.

Artis yang Mengidap Autoimun

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi penderita autoimun. Lantas, siapa saja pesohor yang ternyata mengidap penyakit autoimun? Simak daftarnya berikut ini.

1. Isyana Sarasvati

6 Artis yang Mengidap Autoimun, Nomor 4 Sempat Depresi


Isyana Sarasvati baru saja menceritakan tentang kondisi kesehatannya saat ini. Sang penyanyi mengaku belakangan ini memang kerap bolak-balik ke rumah sakit.



Bukan tanpa alasan, Isyana rutin ke rumah sakit lantaran dinyatakan mengidap penyakit autoimun.

"Intinya akhir tahun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah sekarang Iagi flare. Begitu" katanya, dikutip pada Kamis (20/4/2023).

Isyana kemudian mengingatkan para followersnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, apabila kelelahan Isyana menyarankan untuk beristirahat.

Sedikit informasi, SLE atau Systemic Lupus Erythematosus disebut juga sebagai lupus. Mengutip dari situs siloam hospital, penyakit autoimun satu ini dapat menyebabkan radang pada sendi, gatal, kulit, sampai otak.

2. Ashanty

6 Artis yang Mengidap Autoimun, Nomor 4 Sempat Depresi

Beberapa tahun lalu Ashanty didiagnosa mengidap autoimun. Sekujur tubuh Ashanty bahkan mengalami bentol-bentol sehingga dirinya mau tak mau pergi ke rumah sakit demi mendapatkan penanganan medis.

Penyakit autoimun Ashanty kala itu sempat menyerang kelenjar tiroid. Usaha Ashanty untuk bisa pulih tak main-main, dia sampai terbang ke Dubai lantaran gatal di tubuhnya tak hilang selama 2 minggu.

3. Selena Gomez

6 Artis yang Mengidap Autoimun, Nomor 4 Sempat Depresi

Selena Gomez menjadi satu dari sederet artis yang mengidap autoimun. Diketahui Selena terserang lupus sejak beberapa tahun lalu.

Karena kondisi tersebut, Selena sampai mengalami depresi. Sampai-sampai, di tahun 2016, Selena pernah membatalkan salah satu turnya demi bisa menangani depresi serta kecemasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)