Tips Sehat saat Lebaran, Dokter Gizi: Imbangi Asupan dengan Sayur dan Buah

Jum'at, 21 April 2023 - 11:30 WIB
loading...
Tips Sehat saat Lebaran, Dokter Gizi: Imbangi Asupan dengan Sayur dan Buah
Dokter spesialis gizi dr Yohan Samudra mengingat masyarakat terkait pola makan saat lebaran agar tubuh tetap sehat, diantaranya dengan memperbanyak asupan sayur dan buah. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis gizi dr Yohan Samudra mengingatkan masyarakat terkait pola makan saat lebaran agar tubuh tetap sehat, diantaranya mengimbangi asupan dengan sayur dan buah.

dr Yohan Samudra menyebutkan saat makan bersama di hari raya perlu mengontrol makanan pedas, dan berlemak atau terlalu berminyak. Hal ini agar kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat karena makanan tersebut.

Terlebih bagi mereka penderita skait lambung atau maag bisa memicu rasa mulas dari rasa pedas itu. Sakit maag atau meningkat kolesterol umum terjadi karena makanan dihidangkan saat Idul Fitri tidak lepas dari daging-daging ataupun santan.

"Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang berminyak, berlemak, pedas, karena dapat menyebabkan perut menjadi tidak nyaman seperti gejala sakit maag dan gerd yang kambuh, mual, begah bahkan diare. Termasuk juga minuman yang mengandung kafein dan laktosa juga perlu dibatasi untuk menghindari dampak yang sama," ujar dr Yohan kepada MNC Portal, Jumat (21/4/2023).



Kendatinya, ia mengimbau agar masyarakat mengimbangi asupan dengan sayuran dan buah. Sebab manfaat sayur dan buah tinggi serat dan mampu mengontrol gula darah.

"Seimbangkan juga makanan lebaran dengan sayur dan buah untuk mendapat serat yang membantu kontrol gula darah dan kolesterol. Perhatikan juga kebersihan makanan," jelas dr Yohan

Sebagai tambahan informasi, untuk meningkatkan imunitas saat dan pasca lebaran, anda juga disarankan memilih sayuran dan buah yang berwarna, lebih banyak mengandung vitamin C.

"Dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan, buah jeruk dapat membantu tubuh Anda mempertahankan diri dari infeksi tertentu," kata Lisa Moskovitz, RDN, pendiri dan CEO The NY Nutrition Group dilansir dari Livestrong
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)