Ini Pentingnya Partitionless Space di Kulkas, Lebih Luas Lebih Fresh

Jum'at, 21 April 2023 - 15:24 WIB
loading...
Ini Pentingnya Partitionless Space di Kulkas, Lebih Luas Lebih Fresh
(Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - Ramadhan selalu menjadi momen menarik untuk berkumpul bersama segenap keluarga. Terutama saat berbuka puasa, menikmati berbagai hidangan pelepas lapar dan dahaga. Berbuka puasa bersama memang lebih nikmat dan mengandung lebih banyak berkat ketimbang berbuka sendirian.

Agar berbuka puasa bersama segenap keluarga lebih seru dan menyenangkan, pastinya kita perlu menyiapkan bukan sekadar hidangan yang lezat dan bergizi, tapi juga segar. Nah, membuat hidangan tetap segar lebih lama nyatanya tidak semua orang tahu tipsnya.

Hidangan yang segar tentu terbuat dari bahan-bahan makanan yang juga segar. Karena itu kita memerlukan kulkas yang berkualitas untuk menyimpan bahan-bahan makanan tetap segar saat digunakan. Bukan hanya kulkas tapi juga teknik teknik menyimpan bahan makanan di dalam kulkas dengan baik juga perlu diperhatikan.

Maklum sebagian besar keluarga biasanya melakukan belanja bulanan demi penghematan, termasuk belanja bahan-bahan makanan. Artinya, bahan-bahan makanan harus disimpan di dalam kulkas dengan baik agar segar lebih lama serta cita rasa yang tetap terjaga. Berikut ini tips menyimpan bahan makanan di dalam kulkas agar segar lebih lama.

Hindari mencampur beragam jenis bahan makanan dalam satu rak
Tentunya ada banyak jenis bahan makanan, dan setiap jenis makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Karena itu hindari mencampur bahan-bahan makanan berbeda. Daging dan ikan mentah pastinya tidak dicampur dengan makanan setengah matang atau buah dan sayur.

Letakkan jenis daging dan ikan mentah di rak paling bawah guna mencegah air yang keluar dari daging bocor ke makanan lain. Sebab kalau hal itu terjadi, akan merusak cita rasa makanan yang terkena kucuran air dari daging mentah maupun ikan tersebut.

Perhatikan suhu pendingin kulkas
Kulkas memiliki pengaturan suhu yang dapat disetel untuk mendapatkan suhu yang tepat untuk jenis makanan yang tepat. Fungsi pendingin pada kulkas adalah untuk memperlambat perkembangbiakan bakteri yang bisa membuat makanan cepat basi.

Jadi, setel suhu kulkas secara optimal. Untuk hal ini jangan khawatir, karena pada setelan pabriknya setiap kulkas sudah menetapkan suhu optimal tersendiri supaya makanan dan minuman tetap terjaga.

Biasanya suhu optimal pendinginan kulkas adalah pada 4 derajat Celcius. Sementara untuk freezer akan bekerja paling optimalnya pada suhu -18 derajat Celcius.

Gunakan wadah yang tepat
Jangan lupa untuk memperhatikan wadah yang digunakan. Betul, wadah yang tepat dapat mempengaruhi masa kadaluarsa makanan. Tidak dianjurkan menyimpan makanan dalam wadah yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Kalau bisa usahakan wadah penyimpanan yang terbuat dari kaca bening sehingga mudah dilihat isinya serta lebih ramah lingkungan. Selain itu, wadah berbahan kaca dapat langsung digunakan pada Microwave. Jangan lupa, sesuaikan dulu suhunya ke suhu ruangan untuk meminimalisir risiko pecah.

Kalau mau menggunakan wadah plastik, periksa wadah plastik tersebut apakah sudah berlabel BPA yang ramah lingkungan atau tidak. Tentunya gunakan wadah plastik berlabel BPA.

Teknik menyimpan buah dan sayur
Terdapat beberapa jenis buah dan sayur yang dapat melepaskan gas etilena. Gas tersebut ternyata berefek pada kesegaran buah atau sayur bahkan bisa menyebabkan rusak dan layu sebelum waktunya. Beberapa contohnya adalah alpukat, pisang, pir, prem, dan tomat.

Tidak dianjurkan buah dan sayur tersebut disimpan bersama. Pisahkan buah dan sayuran dalam kantong atau wadah yang berbeda.

Teknik menyusun makanan
Penting juga untuk mengetahui bagaimana menyusun bahan makanan dengan metode penataan yang baik dan efisien. Jangan menyusun bahan makanan yang asal dan tumpuk. Sebab kalau asal tumpuk nanti sirkulasi udara dapat terganggu, akibatnya terjadinya pertumbuhan bakteri dan jamur yang lebih cepat sehingga menyebabkan makanan jadi cepat basi.

Ini Pentingnya Partitionless Space di Kulkas, Lebih Luas Lebih Fresh

Bagi Anda yang ingin belajar menata makanan di dalam kulkas, saat ini ada cara yang lebih mudah untuk menata bahan makanan agar tetap fresh, bisa memilih produk Kulkas side by side dari Polytron tipe 4D SBS Belleza.

Banyak keunggulan Kulkas Belleza, mulai dari konfigurasi ruang penyimpanan partitionless space, yaitu memiliki kompartemen yang luasnya mencapai 450 liter. Kompartemen ukuran ini memungkinkan untuk menata bahan makanan lebih leluasa tanpa mengganggu sirkulasi udara yang mengalir di dalam kulkas sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang lebih maksimal.

Selain itu kehadiran fitur deodorizer pada kulkas ini membuat Anda akan terhindarkan dari bingung saat harus menyimpan buah-buahan dan sayur. Karena fitur ini memungkinkan untuk menyerap aroma yang tidak sedap dari buah-buahan dan sayur tersebut sehingga lebih terjaga kesegarannya dan pastinya lebih awet.

Kulkas dari Polytron ini dibekali teknologi mesin terkini, seperti Inverter technology dan tropical cooling system. Inverter memungkinkan sistem pendinginan pada kulkas tersebut dapat menyesuaikan dengan beban dari penyimpanan yang ada di dalam kulkas. Jadi, suhu serta penggunaan listrik nya dapat menyesuaikan sendiri secara otomatis sehingga bisa menghemat daya listrik mencapai 30 persen.

Berikutnya adalah fitur tropical cooling system, fitur ini didesain khusus untuk tujuan agar mesin tetap stabil dalam suhu tropis seperti Indonesia yang pastinya menjadikan suhu mesin tetap terjaga pada suhu optimumnya.

Dilengkapi dengan bahan dasar tempered glass pada pintunya serta desain elegan yang kekinian serta memiliki Electric Temperature Touch Control yang mampu mengatur suhu digital yang akurat dengan tampilan LCD modern dan ditambah dengan jaminan garansi sepuluh tahun yang diberikan membuat kulkas Polytron 4D SBS Belleza series ini sangat layak dibawa pulang, melengkapi ruangan di rumah Anda.

Nah, tak perlu berlama-lama, segera cek website resmi Polytron dan juga kunjungi official store Polytron di e-commerce langganan dan dapatkan kulkas Polytron 4D SBS Belleza series yang cocok untuk Anda pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3300 seconds (0.1#10.140)