3 Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama

Rabu, 03 Januari 2024 - 23:37 WIB
loading...
3 Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama
Ada beberapa cara menyimpan makanan di dalam kulkas yang benar agar tahan lama dan tidak mudah basi. Berbagai jenis makanan bisa Anda simpan di kulkas. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara menyimpan makanan di dalam kulkas yang benar agar tahan lama dan tidak mudah basi. Berbagai jenis makanan bisa Anda simpan di kulkas sehingga masa konsumsinya lebih lama.

Mulai dari buah-buahan, sayuran mentah, susu, dadih hingga sisa makanan lainnya bisa disimpan di kulkas. Seringkali orang bahkan mengonsumsi makanan yang berumur satu atau dua hari yang disimpan di kulkas.

Namun, jika makanan tersebut tidak disimpan dengan benar bisa menyebabkan bakteri tumbuh di dalamnya. Beberapa orang menyimpan makanan di kulkas tanpa menutupnya. Sayangnya, cara ini tidak disarankan dan kurang tepat.

Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama



Berikut cara menyimpan makanan di kulkas yang benar dilansir dari Times of India, Kamis (4/1/2023).



1. Jangan Gunakan Wadah Plastik


Jangan pernah salah menyimpan makanan di kulkas dalam wadah plastik, karena penggunaan plastik dalam bentuk apapun tidak baik untuk kesehatan. Dalam situasi seperti ini, kemas makanan dalam wadah kaca atau baja, bukan wadah plastik.

2. Tutupi Makanan


Dengan menyimpan makanan di kulkas, Anda bisa mengonsumsinya dua hingga tiga kali sehari. Namun, pastikan Anda menyimpan dengan menutup makanan agar tidak rusak karena bersentuhan dengan makanan mentah.

Selain itu, kelembapan juga hilang dari makanan. Bau kulkas atau makanan lain juga ikut tercampur. Untuk itu simpanlah makanan dalam wadah kedap udara sehingga makanan tetap segar.

3. Jangan Simpan Terlalu Lama


Makanan yang disimpan di kulkas boleh saja dimakan satu kali, namun jika disimpan dua hingga tiga hari lantaran akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Terkadang makanan yang disimpan di kulkas juga bisa berjamur dan mengandung bakteri yang bisa membuat sakit.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)