10 Makanan Penetralisir Kolesterol, Tak Perlu Khawatir Lagi Menyantap Sajian Lebaran

Sabtu, 22 April 2023 - 12:53 WIB
loading...
10 Makanan Penetralisir Kolesterol, Tak Perlu Khawatir Lagi Menyantap Sajian Lebaran
Makanan penetralisir kolesterol bisa Anda persiapkan ketika menyantap beragam hidangan lebaran. / Foto: ilustrasi/istimewa
A A A
JAKARTA - Makanan penetralisir kolesterol bisa Anda persiapkan ketika menyantap beragam hidangan lebaran. Berbagai makanan khas Idul Fitri biasanya banyak yang terbuat dari daging-dagingan, santan, dan mengandung lemak cukup tinggi.

Apabila Anda tidak mampu mengontrol dengan baik, makanan-makanan tersebut berpotensi memicu kolesterol tinggi dan dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan.

Namun kini tidak perlu khawatir, karena Anda menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan yang bisa menetralisir kolesterol. Dan berikut ini 10 makanan dan minuman penetralisir kolesterol.



1. Air Kelapa


Air kelapa dapat menjadi salah satu minuman alami yang mampu menjaga kesehatan tubuh Anda. Air kelapa mengandung 94 persen air, dan sangat sedikit lemak. Namun cairan di dalamnya ini tidak mengandung santan, di mana menjadi salah satu sumber kolesterol yang dapat mengendap di dalam tubuh.

2. Daun Ruku-Ruku


Holy basil atau dikenal juga sebagai daun ruku-ruku, merupakan salah satu tanaman herbal yang telah digunakan selama ribuan tahun lamanya, yakni dalam pengobatan tradisional Ayurveda.

Daun ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya penetralisir kolesterol. Selain itu, juga mampu mengoptimalkan respon sistem imun, menyeimbangkan produksi antibodi, serta mengaktifkan mekanisme pertahanan alami atau yang biasa disebut imunitas bawaan.

3. Garam Hitam


Garam hitam juga membantu menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Kaya akan antioksidan, ramuan tersebut juga mengontrol tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan mencegah pembekuan darah di dalam pembuluh.

4. Air Lemon


Air lemon juga dipercaya bisa membantu menjaga tingkat pH saluran pencernaan. Hal ini membantu mengurangi masalah keasaman, penyakit kulit, osteoporosis, dan radang sendi. Khususnya bermanfaat sebagai penetralisir kolesterol yang menumpuk di tubuh Anda, terlebih setelah mengonsumsi makan-makanan berlemak.

Minum air lemon hangat di pagi hari saat perut kosong dianggap obat yang sangat baik untuk mengurangi lemak perut. Lemon kaya vitamin C, rendah kalori dan sarat dengan antioksidan, vitamin dan mineral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2525 seconds (0.1#10.140)