10 Tradisi Mudik Idul Fitri di Indonesia, Nomor 8 Paling Utama

Sabtu, 22 April 2023 - 16:20 WIB
loading...
10 Tradisi Mudik Idul Fitri di Indonesia, Nomor 8 Paling Utama
Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu hingga kini. Di mana orang-orang yang ada di perantauan, saat momen lebaran akan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Tradisi mudik Idul Fitri di Indonesia menarik untuk bahas. Sebab, kegiatan rutin masyarakat Tanah Air saat menjelang hari raya ini sangat dinantikan oleh semua kalangan.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, menetapkan Syawal 1444 Hijriyah atau Idul Fitri 2023 jatuh pada hari ini, Sabtu 22 April. Masyarakat Indonesia pun memiliki tradisi berbeda-beda saat menyambutnya, salah satunya mudik di hari lebaran.

Mudik sendiri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu hingga kini. Di mana orang-orang yang ada di perantauan, saat momen lebaran akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Nah, berikut ini 10 tradisi mudik di Idul Fitri yang umumnya masyarakat Indonesia lakukan saat momen lebaran tiba dari pantauan MNC Portal. Apa saja?



1. Pulang Kampung Jauh-jauh hari

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tradisi pulang kampung sendiri sudah biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Umumnya mereka akan mulai mudik jauh-jauh hari, bahkan sebelum tanggal cuti bersama dimulai.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari macet karena adanya mudik massal dari berbagai daerah. Serta bisa menikmati nuansa pulang kampung lebih lama, sehingga suasana lebaran pun kian terasa khidmatnya.

2. Membawa Barang-barang

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, biasanya akan membawa barang-barang yang akan dibawa pulang ke kampung halaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)