Tips Menjaga Kesehatan Tubuh usai Perayaan Lebaran

Minggu, 23 April 2023 - 20:56 WIB
loading...
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh usai Perayaan Lebaran
Ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat usai merayakan Lebaran. Setelah puasa, wajar banyak orang menginginkan mengonsumsi berbagai macam makanan yang enak. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat usai merayakan Lebaran . Setelah puasa selama sebulan penuh, wajar banyak orang menginginkan mengonsumsi berbagai macam makanan yang enak.

Terlebih saat Lebaran , banyak makanan lezat tersaji di meja. Namun, dengan mengingat apa yang telah dialami tubuh selama puasa, penting untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan saat Lebaran.

Sebab, mengonsumsi makanan berlebihan sekaligus dapat membuat tubuh terkejut. Ini karena tubuh telah menyesuaikan diri dengan jadwal Ramadhan selama satu bulan dan perubahan tiba-tiba bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Mulai dari gangguan pencernaan, kembung hingga berat badan naik. Berikut tips agar tubuh tetap sehat usai perayaan Lebaran dilansir dari NDTV, Minggu (23/3/2023).

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh usai Perayaan Lebaran





1. Olahraga


Berjalan-jalan atau olahraga membuat Anda merasa segar, rileks dan bahagia. Jalan kaki dan olahraga rutin bisa melepaskan hormon baik yang secara positif memengaruhi suasana hati dan membantu mengatur nafsu makan. Selain itu, cara ini bisa mencegah penyakit dan membuat tubuh merasa lebih energik.

2. Konsumsi Sayuran


Cara terbaik untuk mengontrol dan mengurangi nafsu makan adalah dengan makan sayuran terlebih dahulu. Sayuran mengandung nutrisi penting dan serat yang akan membuat merasa kenyang sehingga Anda dapat memaafkan diri sendiri dengan makan lebih sedikit kalori dan makanan yang menggemukkan. Mulailah makan semangkuk salad atau sayuran tumis.

3. Mengontrol Porsi


Mengontrol porsi sangat penting saat Anda menggelar perayaan dan ingin menjaga berat badan. Cara terbaik untuk makan lebih sedikit, adalah dengan melakukan obrolan yang baik dengan orang-orang terdekat sehingga Anda lebih berkonsentrasi pada percakapan dan lebih sedikit pada makanan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)