Mengenal Situs Batu Kukumbung, Petilasan Prabu Siliwangi yang Dekat Wisata Pantai di Cianjur Selatan

Senin, 24 April 2023 - 10:30 WIB
loading...
Mengenal Situs Batu Kukumbung, Petilasan Prabu Siliwangi yang Dekat Wisata Pantai di Cianjur Selatan
Wilayah Cianjur Selatan memiliki sejumlah tempat wisata alam yang kerap dikaitkan dengan cerita mitos dan legenda. Salah satunya adalah Situs Batu Kukumbung. Foto/Disparpora Cianjur
A A A
JAKARTA - Wilayah Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memiliki sejumlah tempat wisata alam yang kerap dikaitkan dengan cerita mitos dan legenda. Salah satunya adalah Situs Batu Kukumbung.

Lokasinya berada di Cigebang, Karangwangi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Situs Batu Kukumbung letaknya persis di pinggir pantai Kukumbung.

Pantai satu ini memiliki mitos, konon sebagai petilasan Prabu Siliwangi. Kemudian ditambah lagi terdapat batu karang yang berjejer seperti kursi.

Batu karang yang berjejer mirip kursi itu, dipercaya sebagai tempat ritual Prabu Siliwangi. Selain itu terdapat telapak kaki diduga jejak Prabu Siliwangi dan juga kaki Harimau.



Cerita ini tersebar dari mulut ke mulut hingga sekarang, khususnya warga sekitar Pantai Kukumbung.

Namun dibalik cerita mitosnya itu, pantai ini memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan pantai lainnya di wilayah Cianjur Selatan.

Pantai Kukumbung ini masih asri, dan cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan dari luar Cianjur.

Kemudian Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan ombak yang besar, dan juga batu karang yang besar yang diduga petilasan Prabu Siliwangi.

Penikmat senja, Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang indah. Meskipun ombaknya relatif besar, Anda tetap bisa berenang, bahkan memancing lho di sekitar pantai.

Rute ke Situs dan Pantai Kukumbung ini, jika dari Jakarta lama perjalan 7 hingga 8 jam. Anda bisa mengambil jalan ke arah Bandung. Sesampainya di Bandung, teruskan jalan ke arah yang melewati Soreang, Ciwidey dan Balegede DJ Kabupaten Cianjur.

Setelah masuk Balegede Anda memasuki jalan raya Cidaun, kemudian melewati Pantai Jayanti. Tak jauh dari Pantai Jayanti, Anda akan sampai di tempat tujuan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2711 seconds (0.1#10.140)