6 Jajanan atau Makanan yang Tinggi Kolesterol, Nomor Terakhir Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Selasa, 25 April 2023 - 10:55 WIB
loading...
6 Jajanan atau Makanan yang Tinggi Kolesterol, Nomor Terakhir Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
Jajanan atau makanan yang tinggi kolesterol penting diketahui. Apalagi setelah Lebaran ini sebagian orang mencari makanan yang dirindukan. Foto/
A A A
JAKARTA - Jajanan atau makanan yang tinggi kolesterol penting diketahui. Apalagi setelah Lebaran ini sebagian orang mencari makanan yang dirindukan, karena selama puasa tidak cukup waktu untuk menyantapnya.

Namun penting diketahui beberapa diantaranya dipastikan mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan memicu gangguan kesehatan pada tubuh.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan di tubuh Anda dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Kolesterol memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D dan empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak.

Kolesterol adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh Anda, memberikan kekuatan dan fleksibilitas membran sel. Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi baik untuk tubuh, asalkan dikonsumsi sesuai porsinya.



Lantas jajanan atau makanan tinggi kolesterol apa saja yang perlu dihindari? Berikut informasinya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Jajanan atau Makanan Tinggi Kolesterol

1. Gorengan

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, dan makanan lain yang dimasak dengan deep fryer memiliki lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah tinggi dari minyak yang dimasak.

Pilihan yang lebih baik adalah ayam panggang tanpa kulit, kentang panggang atau “kentang goreng” panggang dengan sedikit minyak zaitun. Coba gunakan penggorengan udara untuk rasa makanan "gorengan" rendah lemak.

2. Bahan Makanan dari Susu

Susu murni, mentega dan yogurt penuh lemak serta keju mengandung lemak jenuh tinggi. Keju juga cenderung tinggi sodium, meskipun cukup banyak dicari untuk dijadikan topping makanan atau kue saat lebaran.

Oleh karena itu, konsumsi keju secukupnya hingga sekitar 3 ons per minggu, dan pilih keju part-skim seperti Swiss atau mozzarella saat memasak. Minumlah susu skim (tanpa lemak), 1 persen atau 2 persen untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup.

3. Makanan yang Dipanggang

Cookies, cake, dan donat biasanya mengandung mentega atau shortening, membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Mereka juga cenderung penuh gula, yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah, lemak darah (lipid) yang tidak sehat yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner.

4. Jeroan

Di Indonesia cukup banyak olahan berkuah berbahan dasar jeroan, seperti usus, babat, ati, ampela dan lainnya. Salah satu kudapan terkenal adalah soto, dicampur dengan santan yang membuatnya menjadi lebih gurih dan nikmat.

Akan tetapi dibalik kenikmatan tersebut, jeroan dapat berpengaruh terhadap tubuh seperti jantung, ginjal dan hati. Misalnya, jantung ayam adalah sumber antioksidan kuat CoQ10 yang sangat baik , serta vitamin B12, zat besi, dan seng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)