Memukau! Menara Ini Dikenal Sebagai Gedung Tertinggi di Dunia

Kamis, 27 April 2023 - 16:45 WIB
loading...
Memukau! Menara Ini Dikenal Sebagai Gedung Tertinggi di Dunia
Burj Khalifa merupakan salah satu bangunan yang memegang rekor bangunan tertinggi di dunia yang diresmikan pada 4 Januari 2010, di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Burj Khalifa merupakan salah satu bangunan yang memegang rekor bangunan tertinggi di dunia yang diresmikan pada 4 Januari 2010, berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Sebelum disebut dengan Burj Khalifah, nama dari bangunan tertinggi ini adalah bangunan Burj Dubai , namun nama ini kemudian diganti menjadi Burj Khalifah untuk menghormati pemimpin Dubai yaitu Sheikh Khalifa.

Burj Khalifa dibangun pertama kali pada 6 Januari 2004 dan dikenal sebagai pencakar langit setinggi 828 meter yang berujung runcing. Gedung ini difungsikan sebagai gedung serbaguna di mana terdapat 162 lantai dengan lift berkecepatan yang sangat tinggi, uniknya lift yang dimiliki oleh bangunan ini adalah lift tunggal. Didalamnya terdapat hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, tempat wisata, galeri seni, perpustakaan, dan ragam fasilitas kemewahan lainnya.

Burj Khalifah juga memiliki penampilan yang menarik karena penggunaan kaca panel untuk mempercantik eksterior dari bangunan ini. Panel kaca yang digunakan untuk membuat bangunan ini jumlahnya ada 26.000 dan semuanya dipotong secara manual satu persatu dengan menggunakan tangan. Burj Khalifah dibuat dengan inspirasi dari arsitektur bangunan islami dan juga dari bunga spider lily. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang bisa tumbuh di Arab Saudi.

Gedung ini dirancang oleh arsitektur Adrian Smith yang dinaungi oleh firma arsitektur Skidmore, Owings dan Merrill berbasis di Chicago. Pembangunan selesai kurang lebih 6 tahun dengan melibatkan sekitar 12.000 pekerja setiap harinya.



Selain itu Burj Khalifah juga memiliki keistimewaan air mancur yang bisa digunakan untuk wisata. Kamu bisa menggunakan kapal abra yang merupakan kapal tradisional untuk mengelilingi danau air mancur yang dimiliki oleh Burj Khalifah ini. Air mancur ini juga digunakan untuk pertunjukan air mancur menari atau Dancing Fountain .

Keindahan air terjun menari dan kemewahan sistemnya membuat air mancur ini dinobatkan sebagai air mancur dengan sistem terbesar di dunia.

Memukau! Menara Ini Dikenal Sebagai Gedung Tertinggi di Dunia

SOURCE : ROOV.ID

Nah, Kalau tadi membahas keindahan dan kemewahan menara tertinggi di dunia Burj Khalifa. Berbeda dengan Live Podcast Obrolan Misteri kali ini yang akan membahas tentang Menara Saidah yang terkenal angker. Pada tahun 2001, Menara Saidah diresmikan dan dibuka untuk berbisnis.

Diketahui puluhan tenant menempati kantor tersebut dan bahkan seluruh lantai nyaris terisi penuh. Namun entah bagaimana awalnya dan siapa yang memulai, di tahun 2007 satu per satu perusahaan mulai pindah dan meninggalkan Menara Saidah. Sampai akhirnya di tahun 2009 sudah tak ada lagi perusahaan yang menempati Menara Saidah dan gedung tersebut akhirnya ditutup.



Namun dibalik kemegahannya, gedung ini dipercaya memiliki beberapa kisah mistis yang beredar di masyarakat. Di antaranya soal lokasi Menara Saidah dulunya merupakan makam, namun dalam pembangunannya makam tersebut tak dipindahkan terlebih dahulu. Sehingga tak heran banyak kejadian mistis yang dialami para pengunjungnya.

Penasaran dengan cerita seram yang ada di Menara Saidah? Kamu bisa langsung dengerin di Live Podcast Obrolan Misteri Eps. Menara Saidah hanya di RCTI+, Kamis, 27 April 2023 Jam 20.00 WIB. Download RCTI+ di App Store dan Google Play Store sekarang juga!
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)