5 Makanan Khas Danau Toba, Ada Sashimi-nya Orang Batak!

Minggu, 30 April 2023 - 14:55 WIB
loading...
5 Makanan Khas Danau Toba, Ada Sashimi-nya Orang Batak!
Tidak hanya popularitas destinasi wisatanya saja, kuliner khas Danau Toba pun tidak perlu diragukan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas yang memiliki luas mencapai 112.790 hektare dengan kedalaman mencapai 450 meter, sehingga disebut sebagai danau terluas dan terdalam di dunia. Pesonanya ini sudah banyak dikenal wisatawan lokal hingga mancanegara.

Tidak hanya popularitas destinasi wisatanya saja, kuliner khas Danau Toba pun tidak perlu diragukan. Tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba kuliner khas masyarakat Batak ini jika berkunjung ke daerah tersebut. Berikut beberapa makanan khas Danau Toba yang dijamin pasti menggugah selera.

1. Na Niura

Masakan tradisional khas suku Batak yang paling terkenal adalah na niura, salah satu makanan khas Batak yang bisa dimakan tanpa melewati proses masak layaknya sashimi yang ada di Jepang. Na niura berbahan dasar ikan mas yang dimatangkan dengan bumbu aneka rempah bercita rasa asam. Dulunya, na niura merupakan santapan para raja, namun kini sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan.

2. Na Niarsik

Na niarsik atau ikan arsik adalah kuliner khas Toba yang bahan bakunya menggunakan ikan dan rempah. Na niarsik berarti di-marsik-kan atau dikeringkan. Ikan ini dimasak menggunakan bumbu andaliman (bumbu khas batak) yang terkenal dengan rasa pedas dan gurih saat disantap. Arsik ini bisa disajikan dalam bentuk hidangan berkuah maupun kering, tergantung pada selera Anda.


3. Ombus-ombus

Salah satu kuliner khas Sumatra Utara, tepatnya dari Siborong-borong ini merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa yang diisi dengan gula merah. Kue ini dibungkus dalam daun pisang dan di masak dengan cara dikukus. Bentuknya menyerupai kerucut dan paling sedap disantap selagi hangat sambil ditiup perlahan, dari sini juga adaptasi nama ombus-ombus berasal, yang dalam bahasa Batak artinya ditiup-tiup.

4. Mie Gomak

Kalau ke Danau Toba, Sumatra Utara jangan kelewatan cobain mie gomak, ya! Mie kering yang berbentuk seperti lidi dan menyerupai spaghetti Italia yang berwarna kuning. Tak jarang mie gomak sering juga disebut dengan spaghetti Batak. Mi gomak umumnya diolah menjadi dua macam hidangan, mi gomak kuah atau mi gomak goreng, dengan bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala atau kecombrang sebagai penambah cita rasa.

5. Dali Ni Horbo

Makanan ini kerap kali dijuluki sebagai “Keju Batak”. Namanya adalah dali ni horbo. Terbuat dari susu kerbau, dali ni horbo berasal dari Tapanuli. Olahan dali ni horbo ini tak melalui proses kimia karena diolah secara tradisional. Penggunaan susu kerbau juga hanya diambil dari induk kerbau yang baru melahirkan selama satu bulan. Gimana, tertarik buat coba?

Penasaran akan keseruan wisata kuliner yang ada di Danau Toba? Yuk, rencanakan perjalanan Anda sekarang bersama Mister Aladin. Ada beragam promo menarik yang membuat momen liburan Anda jadi jauh lebih lebih hemat.

Dapatkan DISKON 25% untuk menginap di berbagai hotel-hotel terbaik se-Indonesia. Gunakan kode NP200HL2 ketika Anda melakukan transaksi. Informasi selengkapnya mengenai promo ini dapat Anda akses melalui halaman berikut
https://www.misteraladin.com/promotions/petasanhotel .
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)