Sejarah Roti: Mengenal Asal Usul Makanan Pokok yang Tak Pernah Mati

Senin, 01 Mei 2023 - 12:00 WIB
loading...
Sejarah Roti: Mengenal Asal Usul Makanan Pokok yang Tak Pernah Mati
Roti, makanan pokok yang telah ada sejak zaman dahulu. Roti adalah salah satu makanan yang sangat umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Roti , makanan pokok yang telah ada sejak zaman dahulu. Roti adalah salah satu makanan yang sangat umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Selain praktis, roti juga bisa dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah roti dimulai?

Dalam artikel ini, kita akan membahas asal-usul roti, jenis-jenis roti, dan bagaimana roti menjadi makanan pokok yang tak pernah mati.



Sejarah Roti


Roti pertama kali ditemukan pada zaman prasejarah. Para ahli berpendapat bahwa roti pertama kali ditemukan sekitar 30.000 tahun yang lalu di wilayah yang sekarang menjadi Mesir. Roti dibuat dengan cara menggiling biji-bijian hingga halus, dicampur dengan air dan dibentuk menjadi bola. Kemudian bola ini dipanggang di atas batu panas hingga matang.

Namun, pada zaman Yunani Kuno dan Romawi, roti menjadi lebih populer dan menjadi makanan pokok di wilayah tersebut. Roti pada zaman itu dibuat dengan menggunakan tepung gandum dan adonan dicampur dengan air. Adonan kemudian dibiarkan selama beberapa jam untuk mengembang, kemudian dipanggang di atas oven.

Di Indonesia sendiri, roti pertama kali diperkenalkan oleh para pedagang Belanda pada abad ke-18. Pada awalnya, roti dianggap sebagai makanan yang hanya dikonsumsi oleh orang asing. Namun, pada akhirnya roti menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu makanan pokok di negara ini.

Jenis-jenis Roti


Roti sendiri memiliki banyak jenis, antara lain:

1. Roti Tawar


Roti tawar merupakan roti yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Roti ini memiliki rasa yang netral sehingga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan makanan.

2. Roti Manis


Roti manis merupakan roti yang dibuat dengan tambahan gula dan mentega. Roti ini biasanya dimakan sebagai camilan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)