4 Kuliner Khas yang Harus Dicoba saat Berkunjung ke Kendari

Selasa, 02 Mei 2023 - 11:48 WIB
loading...
4 Kuliner Khas yang Harus Dicoba saat Berkunjung ke Kendari
Selain dikenal mempunyai banyak tempat wisata, serta indah dengan kekayaan alamnya, Kendari juga sejumlah kuliner khas yang bercita rasa luar biasa. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kota Kendari pada 9 Mei 2023 genap berusia 192 tahun. Ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga sering disebut sebagai Kota Lulo.

Kota ini dikenal mempunyai banyak tempat wisata, serta indah dengan kekayaan alamnya. Di samping itu, Kendari juga sejumlah kuliner khas yang bercita rasa luar biasa.

Harga makanan khas Kendari pun masih cukup terjangkau. Dan berikut ini makanan-makanan khas Kendari yang patut dicoba ketika berkunjung ke sana.



1. Kabuto

4 Kuliner Khas yang Harus Dicoba saat Berkunjung ke Kendari
(Foto: ksmtour)

Kabuto merupakan salah satu makanan khas di wilayah Sulawesi Tenggara yang bisa ditemukan di Kendari. Kabuto berbahan dasar ketela pohon atau singkong. Ubi juga bisa digunakan sebagai bahan makanan ini.

Singkong yang sudah dikupas kulitnya kemudian dikeringkan hingga dibiarkan sampai berjamur. Setelah siap diolah, singkong tersebut akan dikukus. Umumnya Kabuto akan disantap dengan campuran kelapa parut. Makanan ini bisa dibilang cukup unik dan tentunya wajib dicoba para wisatawan jika sedang berkunjung ke Kendari.

2. Sinonggi

4 Kuliner Khas yang Harus Dicoba saat Berkunjung ke Kendari
(Foto: YouTube Hidupku sebagai Debbie)

Makanan yang tak kalah unik dari Kendari adalah sinonggi. Sinonggi terbuat dari sagu yang dimasak dengan air hingga teksturnya menjadi kenyal. Makanan ini merupakan makanan khas dari Suku Tolaki yang tersebar di beberapa kota di Sulawesi Tenggara, salah satunya di Kendari.

Bagi masyarakat Suku Tolaki, sinonggi merupakan makanan pokok yang saat ini bersaing dengan nasi. Pembuatannya pun hampir sama dengan nasi, yakni sagu direndam di wadah baskom lalu buang airnya. Hal ini untuk mengencerkan dan membersihkan sagu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)