9 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:37 WIB
loading...
9 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua
Terdapat sejumlah tips parenting yang perlu diketahui orang tua. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips parenting yang perlu diketahui orang tua . Dengan demikian orang tua dapat mengasuh buah hati lebih baik dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Namun, pada kenyataanya tidak semua orang tua memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai mengenai pengasuhan anak. Minimnya pengetahuan dan keterampilan orang tua mengenai pengasuhan dapat menimbulkan perlakuan salah pada anak.

Dilansir dari Jurnal "Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Pratama Bandung", pengasuhan oleh orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan sosial dan fisik tempat dimana keluarga itu tinggal, status ekonomi orang tua, dan model pengasuhan yang didapatkan orang tua sebelumnya.


9 Tips Parenting

Untuk memperluas wawasan dalam hal parenting, orang tua dapat mengikuti beberapa tips parenting yang disajikan berikut.

1. Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Anak yang punya rasa percaya diri yang tinggi akan lebih mudah mengintrospeksi dirinya sendiri dan juga dapat mengelola emosi serta menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri ini, orang tua harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari anak. Cobalah untuk mengembangkan kelebihan dan meminta anak untuk menerima segala kelemahannya. Hal tersebut dapat membuat anak jauh lebih percaya diri ketika melakukan kelebihannya.

2. Hindari Membandingkan Anak

Jangan sekali-kali orang tua membanding-bandingkan anaknya dengan saudara sendiri. Karena hal tersebut berpotensi untuk menimbulkan rasa iri dan membuat anak selalu berkecil hati.

Pastikan bahwa anak mendapat kasih sayang yang penuh dan tidak pilih-pilih. Karena setiap anak memiliki kelebihan dan karakteristiknya tersendiri.

Dalam mengukur setiap kemampuan, libatkan mereka untuk menilai kemampuan masing-masing, bukan membandingkannya dengan kemampuan yang dimiliki anak lain.

3. Jangan Mencela Anak

Sekesal apapun orang tua terhadap anak jangan sampai menunjukkan rasa marah berlebihan terlebih sampai menghina anak. Karena hal tersebut akan selalu diingat oleh sang anak sampai kapanpun dan berujung pada perilaku negatif sang anak nantinya.

Selain itu, anak yang merupakan peniru ulung juga dapat melakukan hal yang sama seperti orang tua nantinya. Anak menjadi temperamental dan suka mengejek orang lain.

4. Menunjukkan Contoh Perilaku yang Baik

Karena merupakan peniru yang ulung, anak akan selalu meniru perilaku orang tua. Karena itu, orang tua harus mencontohkan perbuatan dan kebiasaan baik yang nantinya dapat ditiru.

Misalnya, bila ingin anak berbuat dan berperilaku baik maka orang tua juga harus melakukan hal yang sama supaya dapat dicontoh oleh anak hingga mereka dewasa.


5. Ajarkan Anak untuk Mendengarkan

Untuk dapat mengajarkan anak supaya mau mendengar perkataan orang tua maupun orang lain, orang tua harus terlebih dahulu mendengarkan perkataan anak. Bukan hanya tahu tentang memerintah anak saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)