9 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:37 WIB
loading...
A A A
Cobalah untuk mendengarkan alasan anak ketika dia menolak untuk melakukan sesuatu. Kebiasaan ini akan membuat anak lebih percaya diri sekaligus dapat melatih anak supaya dapat mendengarkan perkataan orang lain.

6. Memberi Waktu Screen Time Secukupnya

Era teknologi saat ini tidak menampik keinginan dan kebutuhan anak di depan layar. Meski demikian, orang tua harus tetap memberikan batasan pada dalam menggunakan gadget.

Selain membatasi waktu screen time pada anak, orang tua juga harus aktif dalam mengontrol tontonan dan bacaan anak setiap harinya. Jangan sampai anak menonton sesuatu hal yang dapat merusak kepribadian dan perilakunya di masa depan.

7. Pemberian Reward dan Punishment

Dalam mendidik anak pemberian reward dan punishment ini punya pengaruh besar terhadap tumbuh kembang. Cobalah untuk memberikan hadiah seperti memenuhi keinginan anak atau menyiapkan hadiah sendiri ketika anak mencapai prestasi tertentu.

Pemberian hukuman juga perlu dilakukan bila anak melakukan kesalahan. Namun hukuman yang dijatuhkan janganlah terlalu berat, contohnya seperti pengurangan uang jajan atau pengurangan waktu bermain. Siapa anak jera dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

8. Memberi Perhatian untuk Anak

Anak membutuhkan perhatian yang positif dari orang tua agar ia tidak mencari perhatian di tempat lain yang berujung negatif. Sehingga orang tua harus berkomunikasi secara efektif dengan buah hati supaya si kecil selalu merasa diperhatikan.

Namun jangan terlalu berlebihan dalam memberikan perhatian ketika anak mulai besar. Karena hal ini akan membuat anak menjadi manja dan sulit untuk disiplin dan mandiri.

9. Belajar Ilmu tentang Parenting

Teruslah belajar untuk menjadi orang tua yang baik demi masa depan anak. Ibu dan Ayah perlu mempelajari ilmu parenting lebih banyak lagi untuk mengetahui cara mendidik anak dengan baik.

Ilmu tentang parenting ini dapat diperoleh dengan membaca buku atau artikel, mengikuti seminar, maupun pelatihan parenting.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)