Apakah Berkumur Air Garam Bisa Membuat Gigi Putih? Ini Faktanya

Jum'at, 05 Mei 2023 - 16:42 WIB
loading...
Apakah Berkumur Air Garam Bisa Membuat Gigi Putih? Ini Faktanya
Banyak orang percaya bahwa berkumur air garam bisa membuat gigi putih. Selain alami, kumur dengan air garam dipercaya bia memutihkan gigi secara maksimal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa berkumur air garam bisa membuat gigi putih . Selain alami, kumur dengan air garam dipercaya bia memutihkan gigi secara maksimal.

Dilansir Healthline, Jumat (5/5/2023) berkumur dengan air garam bisa menjadi alternatif yang lebih aman sekaligus membunuh bakteri dan menjaga mulut tetap bersih. Namun, belum ada pembuktian kumur air garam bisa membuat gigi menjadi lebih putih.

Namun, situs Noble Dental Care mengatakan garam dapat membantu memutihkan gigi karena memiliki sifat abrasif alami. Saat menggosokkan garam ke gigi dengan sikat, garam akan mengikis noda permukaan dan karang gigi.

Meski bisa membuat gigi terlihat lebih putih, tapi garam bisa merusak enamel gigi. Enamel gigi rentan terhadap kerusakan jika Anda menggosokkan garam secara agresif ke seluruh permukaan.



Artinya, penggunaan garam untuk memutihkan gigi sebaiknya tidak dilakukan. Pengikisan enamel bisa berujung pada kerusakan gigi dan membuatnya lebih sensitif.

Namun, ada beberapa cara alami yang terbukti ampuh memutihkan gigi. Dilansir Medical News Today, cara tersebut bisa dilakukan dengan rutin menyikat gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Kemudian dengan melakukan sejumlah diet yang bisa membuat gigi menjadi lebih putih. Sebab, gigi kuning bisa disebabkan dari gaya hidup dan minuman tertentu seperti kopi, teh hingga merokok.

Untuk mendapatkan gigi putih idaman secara alami, Anda bisa membatasi asupan minuman tersebut dan menjaga pola hidup yang baik serta kesehatan mulut dan gigi.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)