4 Obat Meriang yang Dapat Dibeli di Apotek dan Efek Sampingnya

Sabtu, 06 Mei 2023 - 10:25 WIB
loading...
4 Obat Meriang yang Dapat Dibeli di Apotek dan Efek Sampingnya
Ada banyak obat meriang yang dapat dibeli di apotek. Meriang sendiri merupakan istilah Indonesia yang menggambarkan di mana kondisi tubuh menurun akibat demam. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada banyak obat meriang yang dapat dibeli di apotek . Meriang sendiri merupakan istilah Indonesia yang menggambarkan di mana kondisi tubuh menurun akibat demam.

Saat meriang , seseorang akan merasa ngilu di bagian tubuh, sakit kepala hingga demam tinggi. Demam atau meriang merupakan respon sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Ini adalah upaya untuk membunuh virus dan bakteri dengan menaikkan suhu tubuh beberapa derajat. Meskipun kondisi ini merupakan proses alami, meriang bisa membuat tidak nyaman.

Obat Meriang yang Dapat Dibeli di Apotek



Tak perlu khawatir, Anda bisa menemukan sejumlah obat meriang yang dijual bebas di apotek. Namun, ibu hamil dan pasien dengan penyakit khusus disarankan konsultasi ke dokter. Berikut ulasannya dilansir dari Medical News Today, Sabtu (6/5/2023).



1. Ibuproven


Ibuprofen adalah jenis NSAID yang dijual dengan beberapa merek, termasuk Advil dan Motrin. Ini adalah bentuk asam propionat dan dapat membantu mengurangi demam serta gejala lainnya, seperti nyeri.

Bergantung pada dosisnya, seseorang bisa mendapatkan ibuprofen OTC di toko dan apotek atau dengan resep dokter. Ibuproven bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk tablet atau kapsul.

Anak-anak dapat mengonsumsi obat ini. Namun, orang tua tetap harus berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memberikan obat tersebut. Ada pulaefek samping yang bisa ditimbulkan dari obat ini yakni sembelit, kembung, diare, pusing, merasa gugup hingga telinga berdenging.

2. Acetaminophen (Paracetamol)


Selanjutnya ada Acetaminophen (Paracetamol) yang bisa ditemukan di apotek. Acetaminophen umumnya dijual dengan merek Tylenol, adalah agen analgesik dan antipiretik non-opioid untuk mengobati nyeri dan demam. Perusahaan sering menambahkan acetaminophen ke obat lain yang mengobati alergi, pilek, flu, dan kondisi medis lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)