Kamar Mandi Bergaya Tropis Bisa Jadi Sarana Relaksasi Usai Beraktivitas

Rabu, 22 Juli 2020 - 10:51 WIB
loading...
Kamar Mandi Bergaya Tropis Bisa Jadi Sarana Relaksasi Usai Beraktivitas
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Salah satu ruangan yang wajib ada dalam setiap rumah adalah kamar mandi. Namun, bagaimana bila kamar mandi Anda juga didesain dengan nuansa tropis . Tentu akan semakin menyenangkan dan bisa menjadi sarana relaksasi setelah beraktivitas.

Mendesain kamar mandi yang sehat dan sesuai dengan gaya hunian tropis merupakan tantangan tersendiri. Desain kamar mandi yang sehat tentunya akan memudahkan aliran udara lancar, usahakan ruangan harus setengah terbuka. Itu karena dengan kamar mandi yang didesain setengah terbuka akan memudahkan sinar matahari masuk ke dalam.

Biasanya ciri dari kamar mandi bergaya tropis terdapat ruang pemisah antara area kering dan basah, serta didesain lebih simpel. Lalu, seperti apa idealnya kamar mandi bergaya tropis?

“Sebaiknya untuk kamar mandi, pencahayaan dan penghawaan alami sangat penting. Tujuannya untuk menghindari ruang dari kelembapan sehingga kamar mandi jadi sehat dan gampang dibersihkan,” papar Budi Pradono, salah satu desain interior. (Baca: Lima Alasan Mengapa Anda Harus Makan Mangga Mentah)

Pemandangan dari luar yang bisa terlihat dari dalam kamar mandi dapat memberikan perasaan rileks dan menyegarkan. Tetapi sebaiknya untuk membuat nuansa seperti ini Anda harus menambahkan sedikit pergola yang ditutupi dengan tanaman merambat di dinding kamar mandi, maka nuansa akrab dengan alam dapat Anda rasakan di dalam.

Untuk membuat kamar mandi bernuansa tropis, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa elemen dasar serta aksesori pelengkapnya. Elemen dasar dari kamar mandi modern adalah shower, bathtub, kloset, serta wastafel.

Fungsi utama dari sebuah shower adalah untuk membersihkan tubuh. Desain semburan dari airnya pun bermacam-macam. Ada yang didesain agar semburan airnya halus layaknya air hujan, shower dengan model seperti ini sangat pas untuk melengkapi kamar mandi tropis Anda.

“Dari sisi peletakan, shower bisa diletakkan di dalam bathtub atau memiliki area sendiri. Bila ingin diletakkan sendiri, bisa menambahkan tempat duduk dari bahan batu atau kramik,” tambah Budi.

Fungsi bathtub untuk ruang kamar mandi bernuansa tropis sebetulnya memiliki fungsi sebagai alat untuk melakukan kegiatan berendam, yang umumnya untuk tujuan relaksasi.

Intinya pilih bathtub yang sesuai dengan desain kamar mandi Anda. Mungkin bentuk bathtub oval lebih pas untuk dipadukan di kamar mandi tropis. Selain itu, pilih bathtub dengan bahan yang mudah dibersihkan seperti resin, keramik, atau bahan marmer solid. (Baca juga: Menikmati Keindahan Danau Sinkarak dari Ketinggian Aur Serumpun)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)