4 Bahaya Penggunaan Cangkir Kopi Sekali Pakai

Kamis, 10 Maret 2016 - 15:30 WIB
4 Bahaya Penggunaan Cangkir Kopi Sekali Pakai
4 Bahaya Penggunaan Cangkir Kopi Sekali Pakai
A A A
JAKARTA - Cangkir kopi atau teh sekali minum kerap digunakan sejumlah orang dan dalam berbagai acara. Cangkir ini mudah dibawa, ringan dan bisa langsung dibuang.

Namun, baru-baru ini Kota Hamburg resmi melarang pengunaaan cangkir kopi sekali pakai termasuk K-Cup atau produk yang dirancang untuk menyeduh kopi, teh, cokelat panas, atau minuman panas lainnya. Produk ini biasanya berada di gedung-gedung.

Pelarangan ini disebabkan karena cangkir tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari lingkungan dan kesehatan. Berikut ulasannya yang dilansir dari Prevention.

1. Menghasilkan satu ton limbah
Pada tahun 2014, Mother Jones memperkirakan, banyaknya limbah cangkir kopi sekali pakai. Bahkan, cangkir tersebut cukup untuk membungkus seluruh dunia, yaitu sebanyak 10,5 kali.

2. Sulit didaur ulang
Kandungan lebih dari satu jenis bahan, cangkir ini menjadi sangat sulit untuk didaur ulang. Dengan demikian akan terjadi penumpukan sampah yang semakin banyak.

3. Mengandung aluminium
Daur ulang aluminium akan menghasilkan gas beracun, sehingga bukan hanya membahayakan lingkungan, namun juga kesehatan.

4. Bahaya bagi kesehatan
Plastik memiliki efek yang membahayakan jika dipanaskan. Jika menggabungkan makanan atau minuman panas dengan wadah plastik, racun bisa seperti estrogen dalam tubuh. Akibatnya, fungsi hormon yang sesungguhnya akan rusak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)