6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Rabu, 10 Mei 2023 - 12:34 WIB
loading...
6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis
Banyak suku di Indonesia yang memiliki tradisi pemakaman sangat unik. Bahkan, di belahan bumi mana pun tidak akan ditemukan upacara pemakanan seperti dimiliki sejumlah suku di tanah air ini. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Banyak suku di Indonesia yang memiliki tradisi pemakaman sangat unik. Bahkan, di belahan bumi mana pun tidak akan ditemukan upacara pemakanan seperti dimiliki sejumlah suku di tanah air ini. Yuk, simak 6 upacara pemakaman tak biasa yang juga banyak membetot perhatian wisatawan untuk menyaksikan.

1. Ngaben dan Pemakaman Trunyan (Bali)

6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Foto/Wacana

Ngaben adalah salah satu upacara pemakaman dimana jenazah akan dibakar bersama dengan benda-benda unik seperti patung, bunga, persembahan, dan lain lain. Ngaben dilakukan sebagai simbol keikhlasan dari keluarga untuk melepas kepergian.

Sementara pemakaman di Trunyan, jenazah tidak dikubur di dalam tanah tetapi jenazah akan ditaruh di atas tanah dan hanya ditutup dengan anyaman bambu. Pemakaman di Trunyan ini sama sekali tidak menimbulkan bau busuk. Pohon-pohon di sekitar pemakaman dipercaya menyerap bau busuk dari mayat.

2. Rambu Solo’ (Toraja Sulawesi Selatan)

6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Foto/Phinemo

Rambu Solo’ adalah salah satu upacara adat yang sangat besar di Tana Toraja. Bagi warga yang kurang mampu, Rambu Solo biasanya dipersiapkan hingga bertahun-tahun. Namun bagi yang berasal dari bangsawan, persiapan akan berlangsung selama beberapa bulan saja.

Pada upacara ini, keluarga akan melakukan penyembelihan banyak kerbau. Hewan ini biasanya didapatkan dengan harga mahal sehingga tidak jarang rambu solo’ memerlukan dana hingga miliaran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)