Aneka Ragam Hidangan Laut Bakal Jadi Sajian Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Rabu, 10 Mei 2023 - 17:28 WIB
loading...
Aneka Ragam Hidangan Laut Bakal Jadi Sajian Gala Dinner KTT ASEAN 2023
Para kepala pemerintahan dan seluruh anggota delegasi peserta KTT ke-42 ASEAN tahun 2023 bakal dijamu dengan kekayaan gastronomi Labuan Bajo. / Foto: Anggie Ariesta
A A A
LABUAN BAJO - Para kepala pemerintahan dan seluruh anggota delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023 bakal dijamu dengan kekayaan gastronomi Labuan Bajo.

Kesempatan itu akan dilakukan dalam acara jamuan makan malam (gala dinner) di Ayana Komodo Resort, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN 2023 , Indonesia tentu ingin memperkenalkan seluruh aset gastronomi Labuan Bajo kepada tamu-tamunya, kepala negara dan pemimpin pemerintahan dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.



Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, Noviyanti mengatakan, aneka hidangan laut akan menjadi suguhan utama bagi kepala negara dan delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023.

Menurutnya, hidangan tersebut mereprsentasikan Labuan Bajo sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia dengan keunikan sumber daya maritim seperti pantai dan pulau-pulau kecilnya. "Hidangan laut akan diolah oleh Chef Arnold Purnomo bersama timnya," ujar Noviyanti, Rabu (10/5/2023).

Hal tersebut dibenarkan Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina. Menu-menu yang disiapkan Chef Arnold Purnomo mulai dari ikan kuah asam hingga nasi bambu dalam jamuan makan malam.

"Tentu ada nuansa makanan laut (seafood) karena kita ada di daerah pesisir. Kemudian ada juga makanan khas nasi bambu dalam bentuk yang berbeda karena disesuaikan dengan cita rasa intenasional," kata Shana seperti dikutip dari Antara.

Nasi bambu merupakan makanan khas suku Manggarai dan sesuai namanya dimasak di dalam wadah batang bambu muda berukuran panjang 30 sentimeter serta dipanggang di atas bara api selama sekitar satu jam.

Sedangkan ikan kuah asam adalah masakan berkuah kuning berbahan dasar ikan laut seperti ikan tuna, cakalang, tongkol, dan kembung. Ikan berkandungan lemak tadi dimasak bersama bumbu rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)