Mengenal Immunophenotyping, Metode untuk Mendeteksi Penyakit Leukemia

Kamis, 18 Mei 2023 - 20:47 WIB
loading...
A A A
Pemeriksaan juga diperlukan bagi seseorang yang sudah terdiagnosis leukemia sebelumnya, tapi belum diketahui jenis leukemianya apa serta pengobatan apa yang paling tepat untuk kondisinya.

"Praktisi kesehatan juga menyarankan pasien leukemia untuk melakukan pemeriksaan ini untuk mengevaluasi apakah pengobatan yang dijalani sudah efektif atau belum, bahkan untuk mencari tahu apakah ada penyakit yang masih tersisa atau potensi kemunculan kembalinya seberapa besar," terang laporan tersebut.

Bagaimana Pemeriksaan Immunophenotyping Dilakukan?


Sampel darah pasien diperoleh dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah. Lalu, ada juga sampel sumsum tulang yang diambil dari tulang pinggul oleh ahli kesehatan terlatih.

Pada kasus yang jarang terjadi, sampel juga diambil dari jaringan seperti kelenjar getah bening yang diperoleh dengan menggunakan prosedur biopsi atau aspirasi jarum halus (FNA).

Bukan cuma itu, sampel juga bisa berupa cairan tubuh yang diperoleh dari pengumpulan cairan dalam wadah atau dengan memasukkan jarum ke dalam rongga tubuh dan menyedot sebagian cairan dengan jarum suntik.



Demikian informasi mengenai immunophenotyping atau metode untuk mendeteksi penyakit leukemia. Jika dirasa perlu melakukan pemeriksaan ini, segera hubungi dokter Anda.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)