Sistem Pencernaan yang Baik Pengaruhi Performa saat Berolahraga

Kamis, 18 Mei 2023 - 23:12 WIB
loading...
Sistem Pencernaan yang Baik Pengaruhi Performa saat Berolahraga
Orang yang rutin berolahraga setiap hari tentunya disarankan menjaga kesehatan sistem pencernaan. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh sistem pencernaan yang sehat. Oleh karenanya, merawat usus diperlukan, terkhusus bagi Anda yang 'gym-addict' atau hobi berolahraga.

Orang yang rutin berolahraga setiap hari tentunya disarankan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, ada korelasi antara sistem pencernaan yang baik dengan performa tinggi saat berolahraga .

Health Education and Training Herbalife, Michelle Ricker menjelaskan bahwa performa olahraga bisa dipengaruhi oleh bakteri baik di usus. Artinya, semakin banyak bakteri baik di usus, semakin baik performa olahraga Anda.



"Penelitian menunjukkan bahwa olahraga mencegah pertumbuhan bakteri buruk di seluruh tubuh, sehingga membantu badan mencerna makanan dengan lebih optimal yang pada akhirnya penyerapan nutrisi bisa lebih maksimal," terang Michelle dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (18/5/2023).

Seorang atlet perlu menjaga dengan ketat asupan makanan. Pasalnya, apa yang dia makan akan berdampak pada performa di lapangan. Ada alasan kenapa bisa demikian.

1. Saat mikrobiom seimbang di dalam tubuh, risiko peradangan akan lebih kecil. Keseimbangan mikrobiom ini ditentukan oleh asupan makanan yang sehat.

2. Ketika bakteri baik banyak terdapat di usus, tingkat energi lebih tinggi. Kalau sudah begitu, daya tahan tubuh akan lebih terjaga.

3. Sudah banyak studi menunjukkan bahwa usus itu terikat secara langsung dengan otak. Bahkan usus dikatakan sebagai otak di dalam perut. Karena itu, tidak mengherankan mereka yang sistem pencernaannya baik, otaknya pun berfungsi dengan lebih baik.

"Meski masih terlalu dini mengatakan dengan pasti bahwa bakteri di usus dapat memengaruhi kesehatan mental, dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada topik ini, tapi beberapa studi menunjukkan bahwa usus dapat memengaruhi suasana hati dan fokus mental," tutur Michelle.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3548 seconds (0.1#10.140)