3 Persiapan Fisik yang Bisa Dilakukan Jamaah Haji 2023 sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Senin, 22 Mei 2023 - 16:17 WIB
loading...
3 Persiapan Fisik yang Bisa Dilakukan Jamaah Haji 2023 sebelum Berangkat ke Tanah Suci
Terdapat sejumlah persiapan fisik yang bisa dilakukan jamaah haji 2023 sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah persiapan fisik yang bisa dilakukan jamaah haji 2023 sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan secara teratur.

Dalam agama Islam, ibadah haji termasuk rukun Islam kelima yang dapat ditunaikan apabila mampu. Berbeda dengan kegiatan biasa, ibadah haji ini memerlukan persiapan jasmani dan rohani yang optimal.

Pasalnya, jamaah nantinya akan banyak melakukan aktivitas fisik selama menjalankan ibadah haji. Terlebih, tidak semua jamaah haji adalah orang-orang yang terbilang masih berumur muda.



Dalam tujuan memperlancar rangkaian ibadah, terdapat sejumlah persiapan fisik yang bisa dilakukan jamaah haji 2023. Berikut beberapa di antaranya.

Persiapan Fisik Jamaah Haji 2023 Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

1. Olahraga Teratur

Persiapan pertama yang dapat dilakukan sebelum berangkat haji adalah dengan berolahraga teratur. Jenis olahraga ringan yang dianjurkan di antaranya adalah seperti jalan pagi, bersepeda santai, senam, dan lain sebagainya.

Jangan menunggu dekat keberangkatan, persiapan ini bisa mulai dilakukan jauh-jauh hari. Selain itu, lakukanlah secara rutin dan teratur. Sebagai pengingat, Anda bisa membuat jadwal setiap minggunya agar lebih mudah.

2. Istirahat Cukup

Sambil mempersiapkan fisik sebelum berangkat haji, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup. Fisik yang lelah atau kurang istirahat bisa mengganggu jalannya persiapan haji.

Maka dari itu, pastikan juga sebelum keberangkatan untuk memiliki jam tidur yang cukup. Kemudian, saat di perjalanan ke Tanah Suci, jamaah bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat agar ketika sampai badan bisa fit dan segar.


3. Cek Kesehatan

Cek kesehatan secara menyeluruh juga penting dilakukan dari jauh hari. Dalam hal ini, Anda bisa mengunjungi dokter langganan atau sejenisnya untuk berkonsultasi sekaligus memeriksa kondisi tubuh.

Jika memiliki semacam keluhan, bisa langsung didiskusikan dengan dokter terkait. Hal ini penting dilakukan agar berjalannya ibadah haji nanti bisa berlangsung lancar dan aman sampai selesai.

Demikian sejumlah persiapan fisik yang perlu diperhatikan jamaah haji 2023.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)