4 Tips Menjaga Kesehatan Menjalankan Ibadah Haji

Senin, 11 Juli 2022 - 18:12 WIB
loading...
4 Tips Menjaga Kesehatan Menjalankan Ibadah Haji
Tips menjaga agar aktivitas tetap lancar saat menunaikan ibadan haji. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pada 2022 ini, pemerintah Indonesia telah membuka kembali kesempatan menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci bagi 100.051 orang jemaah yang dibagi ke dalam beberapa kloter keberangkatan. Tentunya masyarakat Muslim sangat antusias mengingat kegiatan Ibadah Haji baru diadakan kembali setelah melewati 2 musim haji akibat pandemi.

“Kebahagiaan dan rasa syukur menyelimuti para calon jemaah yang selama ini telah menunggu antrian untuk menunaikan Ibadah Haji. Tentunya sebelum jadwal keberangkatan, Anda perlu melakukan persiapan diri agar Ibadah Haji dapat berjalan dengan lancar,” ucap Managing Director MotionPay Jessica Tanoesoedibjo.

MotionPay telah merangkum 4 tips bagi Anda yang menjalani Ibadah Haji, antara lain:

1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Fisik yang sehat sangat berperan penting agar Anda dapat menjalankan Ibadah Haji dengan nyaman. Untuk itu, sebelum keberangkatan, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan kondisi fisik Anda, misalnya dengan latihan berjalan kaki atau berolahraga secara rutin. Selain fisik, Anda juga perlu memperhatikan kondisi jiwa, salah satunya dengan mengurangi kegiatan yang dapat meningkatkan risiko stres.



2. Mempersiapkan Asupan dan Perlengkapan

Pada musim haji tahun 2022 ini, Kementerian Agama bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah menginformasikan bahwa jemaah haji perlu waspada dengan cuaca ekstrim yang sedang melanda Arab Saudi hingga 44 derajat celcius. Oleh karena itu, calon jemaah haji perlu mempersiapkan diri dengan memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan perlengkapan, seperti payung, penutup kepala, dan tabir surya untuk mengantisipasi cuaca esktrim, serta tidak lupa tetap menjaga protokol kesehatan.

3. Melakukan Vaksin

Selain vaksin Covid-19, Arab Saudi mewajibkan calon jemaah haji untuk melakukan vaksin Meningitis karena biasanya virus menyebar melalui para jemaah haji yang berasal dari negara endemis Meningitis. Selain itu, jemaah haji juga disarankan untuk melakukan vaksin Influenza agar tidak terkena flu yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan berat dan vaksin Pneumonia agar tidak rentan terkena penyakit, terutama bagi lansia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)