Ciri-ciri Papilledema yang Tak Disadari Seperti Diidap Kurnia Meiga

Kamis, 25 Mei 2023 - 14:50 WIB
loading...
Ciri-ciri Papilledema yang Tak Disadari Seperti Diidap Kurnia Meiga
Ciri-ciri papilledema seperti yang diidap Kurnia Meiga sering tak disadari. Papilledema kondisi pembengkakan bagian saraf optik yang disebut cakram optik. Foto/Instagram Erick Thohir
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri papilledema seperti yang diidap Kurnia Meiga sering tak disadari. Papilledema adalah kondisi pembengkakan bagian saraf optik yang disebut cakram optik.

Dilansir dari WebMD, Kamis (25/4/2023) cakram optik ditemukan pada titik di mana saraf memasuki mata dan bergabung dengan retina. Tekanan di dalam dan sekitar otak membuat saraf membengkak dan menyebabkan papilledema seperti yang dialami Kurnia Meiga .

Kondisi ini tidak menyebabkan rasa sakit. Pada awalnya, Anda tidak memiliki masalah penglihatan atau gejala lainnya. Dokter baru menyadarinya selama pemeriksaan mata secara teratur.

Saat penyakit berkembang, Anda akan mengalami penglihatan kabur atau ganda yang singkat, berkedip-kedip, dan kesulitan melihat warna. Anda juga kehilangan penglihatan hanya untuk beberapa detik saja.





Kondisi ini biasanya mempengaruhi kedua mata. Selain itu, ciri-ciri papilledema lainnya adalah sakit kepala yang sering memburuk di pagi hari, mual dan muntah dan dering di telinga atau tinnitus dan suara mendesis.

Mereka yang mengidap papilledema juga biasanya mengalami sakit kepala setiap hari dan merasakannya di kedua sisi. Sakit kepala tidak selalu memiliki intensitas yang sama, tetapi semakin memburuk saat Anda terus mengalaminya.

Papilledema dapat disebabkan oleh beberapa hal dan biasanya serius. Di mana bagian dalam tengkorak adalah area yang padat. Ini adalah rumah bagi otak dan cairan yang mengelilinginya, ditambah jaringan pembuluh darah dan saraf.

Setiap perubahan dapat menyebabkan pembengkakan. Saat tekanan meningkat, saraf optik bisa membengkak. Selian itu, papilledema dapat terjadi akibat tumor otak, cedera kepala, pendarahan di otak, bekuan darah atau masalah pembuluh darah tertentu.



Penumpukan cairan serebrospinal (CSF) di otak, radang otak, peradangan salah satu penutup otak, seperti meningitis, hipertensi intrakranial idiopatik, yang berarti tekanan menumpuk di tengkorak, tetapi dokter tidak dapat menemukan penyebabnya.

Selain itu, pengumpulan nanah dari infeksi otak (abses) dan tekanan darah tinggi dan tidak terkontrol. Papilledema juga bisa terjadi karena efek samping dari penggunaan atau penghentian obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, isotretinoin, litium, tetrasiklin dan asam nalidiksat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)