Bukan dari Jawa, Ternyata Mie Ayam Makanan dari China?

Jum'at, 26 Mei 2023 - 16:50 WIB
loading...
Bukan dari Jawa, Ternyata Mie Ayam Makanan dari China?
Mie Ayam. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Saat ini, mie ayam merupakan salah satu kuliner mie khas Indonesia. Apalagi, mie ayam merupakan makanan khas Indonesia yang bahan dasarnya mudah ditemui di pasaran. Bahkan jika tidak ingin repot untuk membuat mie ayam, cukup banyak pedagang mie ayam di Indonesia. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa mie ayam bukan makanan asli dari Indonesia?

Mie ayam sebenarnya merupakan makanan yang bukan asli dari Indonesia, melainkan makanan yang memiliki keturunan China. Khususnya adalah makanan khas milik Tiongkok Selatan . Sejarah makanan ini bisa masuk ke Indonesia awalnya adalah, pada saat penduduk China mulai mulai merantau dan menetap di Indonesia.

Aslinya, makanan ini bernama bakmi dan topping yang digunakan oleh hidangan ini adalah daging babi . Akan tetapi pada kala itu, dikarenakan penduduk Indonesia masih berupa kerajaan-kerajaan yang mayoritas adalah kerajaan Islam, maka daging tersebut diganti dengan daging ayam , sehingga dapat dimakan oleh semua kalangan.

Mie ayam dan bakmi sendiri juga memiliki perbedaan , yaitu mie ayam memiliki bumbu rempah yang lebih pekat serta dengan topping ayam yang dimasak dengan bumbu semur. Sedangkan, bakmi menggunakan bumbu seperti minyak babi sebagai penyedap rasa dan irisan daging babi sebagai topping.



Namun, seiring berkembangnya zaman, bakmi asli memiliki rasa yang lebih hambar karena hanya menggunakan bumbu-bumbu tersebut. Jadilah pedagang bakmi mulai menjual bakmi halal menggunakan bumbu-bumbu rempah yang tidak berbeda jauh dengan penjual mie ayam.

Nah, udah paham kan sekarang sejarah mie ayam serta perbedaan mie ayam dengan bakmi. Ada loh, stand up comedian asal Indonesia yang menjual mie ayam Wonogiri. Ia adalah Dwik. Orang yang akrab disapa Bang Dwik ini menjadi 4 besar SUCI X dengan persona sebagai komika yang berjualan mie ayam asal Wonogiri.

Sebelumnya, Dwik juga mengikuti kompetisi SUCI Liga Komunitas, namun belum berhasil menjadi juara. Ia pun kembali mengikuti audisi SUCI X dan akhirnya berhasil lolos babak pre-show dan menjadi finalis SUCI X.

Bukan dari Jawa, Ternyata Mie Ayam Makanan dari China?

Foto/Roov.id

Yuk dengerin cerita Bang Dwik di Live Podcast Kamseupay Eps. Awalnya Malu, Taunya Mie Ayam Bikin Dwik Jadi Lucu, hanya di Audio+ bagian dari RCTI+ , pada Jumat, 26 Mei 2023 Pukul 20.00 WIB. Jangan lupa juga untuk download aplikasi RCTI+ di App Store dan juga Google Play Store ya!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)