5 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Insomnia, Bikin Tidur Nyenyak

Selasa, 06 Juni 2023 - 23:00 WIB
loading...
5 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Insomnia, Bikin Tidur Nyenyak
Beberapa makanan dan minuman dipercaya bisa menyembuhkan insomnia. Kurang tidur bisa membuat masalah kesehatan seperti diabetes, tiroid, hipertensi, obesitas. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan dan minuman dipercaya bisa menyembuhkan insomnia . Kurang tidur bisa membuat seseorang terkena masalah kesehatan serius seperti diabetes, tiroid, hipertensi, obesitas, dan lainnya.

Azhar Ali Sayed selaku pelatih kesehatan holistik mengatakan bahwa aspek terpenting dari kehidupan adalah tidur. Ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat, memperbaiki dan membangun kembali.

“Itulah sebabnya tidur malam yang nyenyak sangat penting bagi kesehatan kita. Sistem kekebalan tubuh, kemampuan motorik dan kinerja selama aktivitas fisik semuanya dapat terkena dampak negatif selain suasana hati,” kata Azhar.

Meskipun banyak orang yang merasa sulit untuk tidur cukup, disarankan agar tidur 7 sampai 9 jam per malam. Menyesuaikan pola makan adalah salah satu cara untuk mengobati insomnia dan tidur nyenyak. Ini karena beberapa makanan dan minuman bisa merangsang tidur.

Makanan yang Bisa Menyembuhkan Insomnia



Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa menyembuhkan insomnia dilansir dari Times of India, Senin (5/6/2023).



1. Teh Chamomile


Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh chamomile memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kecemasan, serta keputusasaan. Ini merupakan dua penyebab utama gangguan tidur. Antioksidan aktif apigenin yang ditemukan dalam teh chamomile menginduksi relaksasi otot.

Ini juga memiliki beberapa sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif. Antioksidan ini menempel pada reseptor otak yang meningkatkan rasa kantuk dan menghentikan insomnia.

2. Pisang


Pisang kaya magnesium dan mengandung triptofan yang terbukti bermanfaat membantu tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, menambahkannya ke dalam makanan dapat membantu mengatasi insomnia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)