7 Tips Mengatasi Batuk dan Pilek pada Anak di Rumah

Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:54 WIB
loading...
7 Tips Mengatasi Batuk dan Pilek pada Anak di Rumah
Sejumlah ahli kesehatan menyebutkan bahwa kasus batuk dan pilek cukup meningkat di tengah kualitas udara yang kurang sehat. / Foto: ilustrasi/American Scientific
A A A
JAKARTA - Sejumlah ahli kesehatan menyebutkan bahwa kasus batuk dan pilek pada anak cukup meningkat di tengah kualitas udara yang kurang sehat. Memang belum ditemukan data pasti jumlah penderitanya, namun orang tua perlu mengetahui cara mengatasinya.

Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak, dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp. A, menyebutkan bahwa terdapat 7 langkah yang bisa dilakukan para orang tua, dan yang paling penting adalah membiarkan anak banyak beristirahat.

"Pastikan anak tetap mendapatkan istirahat penuh di rumah saat mengalami batuk dan pilek agar tubuhnya bisa melawan virus maupun zat berbahaya lainnya dengan baik," kata dr. Cynthia, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (10/6/2023).



"Sebaiknya, anak tidak berinteraksi dengan orang sedang sakit untuk mencegah terjadinya perburukan," imbuhnya.

Dan berikut 7 tips mengatasi batuk dan pilek pada anak.

1. Cukupi Cairan Tubuh


Saat anak sakit, mencukupi cairan tubuhnya bisa mempercepat proses penyembuhan. Dengan minum air yang cukup, saluran napas menjadi tidak kering dan lendir menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Makan dan Minum Hangat


Mengonsumsi sesuatu yang hangat untuk anak sedang batuk dan pilek bisa membantu melegakan gejala yang timbul.

3. Istirahat Cukup


Istirahat yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan mikroorganisme, terutama virus dan bakteri. Tidur juga mempercepat pemulihan dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

4. Konsumsi Madu


Mengonsumsi madu ternyata bermanfaat bagi anak yang batuk dan pilek, karena memiliki kandungan antibakteri, sehingga mampu melawan infeksi penyebab batuk. Cukup berikan satu sendok makan untuk anak-anak dengan usia di atas 1 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)