5 Tips Sehat saat Polusi Udara Bertebaran, Nomor Terakhir Paling Penting

Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Tips Sehat saat Polusi Udara Bertebaran, Nomor Terakhir Paling Penting
Polusi udara di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Kualitas udara Ibu Kota yang kian memburuk tentu membuat was-was banyak orang. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Polusi udara di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Kualitas udara Ibu Kota yang kian memburuk tentu membuat was-was banyak orang.

Terlebih, Jakarta merupakan pusat kota dan perkantoran yang mana masyarakat bekerja dan beraktivitas di kawasan ini. Namun, kegiatan mereka harus terancam dengan penyakit yang mengintai imbas dari pulusi udara.

Tak perlu khawatir, meski meresakan masyarakat, Anda tetap bisa berkegiatan seperti sedia kala meski kualitas udara di Jakarta tengah memburuk. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat di tengah polusi udara.

Tips Sehat saat Polusi Udara Bertebaran

Berikut deretan tips agar tetap sehat saat polusi udara menyebar.

1. Gunakan Masker saat Berpergian

Pertama ialah menggunakan masker saat keluar rumah. Pastikan kamu memakai penutup wajah tersebut agar terhindari dari paparan polusi udara yang mengkhawatirkan.



Gunakan masker medis tiga lapis yang bisa melindungi kamu dari polusi. Tak ada salahnya bila ingin menggunakan masker ganda demi perlindungan yang maksimal.

2. Keluar Rumah Lebih Pagi

Cara kedua ialah keluar rumah lebih pagi dari biasanya. Bila Anda hendak berangkat bekerja ataupun bersekolah, tak ada salahnya untuk jalan lebih pagi agar meminimalisir terkena polusi udara.

Saat pagi hari, biasanya udara akan lebih sejuk dan bersih. Transportasi yang melintas juga minim sehingga kamu bisa sedikit berkurang terpapar polusi.

3. Minum Air Putih

Kemudian ialah mencukupi kebutuhan air putihmu. Pastikan Anda meminum air putih delapan gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi.

Polusi udara yang menyebar bisa mempengaruhi kesehatan termasuk tenggorokan. Karenanya, pentinh untuk menjaga cairan dalam tubuh dengan menjaga asupan air putih.

4. Konsumsi Multivitamin

Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin bila perlu. Suplemen tersebut bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Multivitamin yang dikonsumsi bisa berupa vitamin C dan D3. Anda pun bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin tersebur dari sayur dan buah.

5. Istirahat yang Cukup

Satu lagi tips sehat saat polusi udara menyebar ialah istirahat yang cukup. Memenuhi kualitas tidur yang baik akan memperkuat imunitas sehingga bisa menangkal banyak penyakit.

Pastikan Anda selalu bersih-bersih dan mandi sehabis dari luar. Kemudian, istirahat lah yang cukup agar tubuh bisa kembali segar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)