Mendengarkan Lagu Sedih Baik untuk Kesehatan Mental

Sabtu, 10 Juni 2023 - 22:40 WIB
loading...
Mendengarkan Lagu Sedih Baik untuk Kesehatan Mental
Studi terbaru menemukan bahwa mendengarkan lagu sedih baik untuk kesehatan mental. Para peneliti menemukan bahwa lagu dapat menciptakan perasaan keterhubungan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa mendengarkan lagu sedih baik untuk kesehatan mental . Para peneliti telah menemukan bahwa lagu dapat menciptakan perasaan keterhubungan.

Para ilmuwan telah menemukan selama beberapa waktu bahwa lagu sedih dapat menstimulasi area di otak. Lagu juga dapat memicu pelepasan zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa jenis lagu yang mungkin didengarkan juga dapat memengaruhi seseorang secara berbeda. Ada perselisihan ideologis tentang apakah lagu sedih bermanfaat bagi kesehatan mental atau apakah dapat memperburuk gejala kondisi mental seperti depresi.

Meskipun lagu menghasilkan pengalaman pribadi dan unik bagi setiap pendengarnya, penelitian menunjukkan bahwa lagu sedih dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang dengan memberikan rasa keterhubungan.



Menurut para ahli, rasa keterhubungan yang diberikan oleh lagu sedih tidak bergantung pada suasana hati yang ditimbulkannya. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Aesthetic Education melibatkan 400 peserta dan memberi mereka deskripsi empat jenis lagu.

Sebuah lagu yang dalam secara emosional tetapi cacat secara teknis, lagu yang tidak memiliki kedalaman emosional tetapi secara teknis terdengar, sebuah lagu yang secara teknis keduanya cacat dan kurang kedalaman emosional dan lagu yang memiliki kedua elemen tersebut.

Dilansir dari The Health Site, Sabtu (10/6/2023) mereka menemukan bahwa peserta menghargai lagu yang kaya akan emosi tetapi secara teknis memiliki kelemahan dibandingkan lagu yang tidak memiliki kedalaman emosi dan secara teknis terdengar.

Para peneliti menemukan bahwa lagu yang dapat membuat orang merasa terhubung dengan emosi lebih disukai daripada yang lain. Mereka menemukan apakah lagu dapat mengangkat atau membuat suasana hati seseorang menjadi buruk tergantung pada pengalaman individu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)