Selain Cegah Abrasi, Pohon Mangrove Bisa Jadi Bahan Baku Sabun

Sabtu, 10 Juni 2023 - 23:40 WIB
loading...
Selain Cegah Abrasi, Pohon Mangrove Bisa Jadi Bahan Baku Sabun
Pohon mangrove memiliki banyak manfaat. Selain mencegah abrasi di pantai, pohon mangrove juga bisa menjadi bahan baku untuk sabun mandi, arang hingga kertas. Foto/Muhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Pohon mangrove memiliki banyak manfaat. Selain mencegah abrasi di pantai, pohon mangrove juga bisa menjadi bahan baku untuk sabun mandi, arang hingga kertas.

Dijelaskan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Panggang Kabupaten Kepulauan Seribu Hermansyah mengatakan pohon mangrove memiliki banyak manfaat untuk lingkungan yang jarang diketahui.

Berikut daftar manfaat pohon mangrove, Sabtu (10/6/2023).

Pohon Mangrove



Baca Juga: Finalis Abang None Kepulauan Seribu 2023 Antusias Keliling Pulau


1. Menyerap Karbondioksida


Menurut Hermansyah, tumbuhan ini dapat menyerap karbondioksida lebih besar dari hutan hujan tropis. Artinya, keberadaan pohon mangrove bisa membuat udara di pulau terasa lebih sehat dan bersih.

"Lima kali lipat lebih besar daya filternya ketimbang hutan hujan tropis," kata Hermansyah di Pulau Pramuka, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

2. Filtrasi Air Laut


Semakin banyak pohon mangrove ditanam, semakin tawar air yang akan dipakai masyarakat pulau. Ini karena pohon mangrove punya kemampuan memfilter air asin laut menjadi air tawar.

3. Penahan Banjir Rob


Pohon mangrove juga dapat mencegah banjir rob. Sebab, pohon mangrove dapat membuat pulau jadi tinggi daratannya. "Akar pohon ini yang bertugas mengangkat," jelas Hermansyah.



4. Bahan Baku Kertas dan Arang


Pohon mangrove bisa tumbuh tinggi sampai 30 meter. Semakin tinggi pohon mangrove, kayu yang dihasilkan pohon ini semakin banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)