10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lemak Jahat Langsung Rontok

Senin, 12 Juni 2023 - 07:40 WIB
loading...
10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lemak Jahat Langsung Rontok
Cara alami menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menurut penelitian, cara ini ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara alami menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menurut penelitian, cara ini terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Kolesterol tinggi adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat diwariskan, dan seringkali akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang pengobatan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi



Berikut cara alami menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari The Health Site, Senin (12/6/2023).



1. Olahraga Teratur


Olahraga secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan setidaknya dua setengah jam aktivitas fisik seminggu.

2. Berhenti Merokok


Ada banyak alasan untuk menghentikan kebiasaan merokok, dan kolesterol Anda hanyalah salah satunya. Faktor risiko merokok bersifat aditif, yang berarti bahwa faktor-faktor tersebut saling membangun. Jika memiliki kolesterol tinggi dan merokok, Anda melipatgandakan risiko.

3. Jaga Berat Badan


Pertahankan berat badan yang sehat untuk mencegah kadar kolesterol naik. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kadar kolesterol. Menurunkan berat badan dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan keseimbangan kolesterol sehat.

4. Diet Sehat


Perubahan gaya hidup sehat untuk jantung seperti diet terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pola makan DASH adalah salah satu contohnya. Selain itu adalah diet perubahan gaya hidup terapeutik, yang bisa menjadi merekomendasikan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)