Mengembangkan Karakter Anak Melalui Pengenalan Berbagai Profesi

Rabu, 14 Juni 2023 - 18:49 WIB
loading...
Mengembangkan Karakter Anak Melalui Pengenalan Berbagai Profesi
Membangun karakter dan memperkenalkan berbagai profesi kepada anak bisa dilakukan sejak dini. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Membangun karakter dan memperkenalkan berbagai profesi kepada anak bisa dilakukan sejak dini. Orang tua dan para guru perlu memberi keteladanan dan perilaku nyata dalam membantu anak-anak membentuk karakternya.

Kegiatan yang kerap dilakukan adalah dengan melakukan outing class. Bukan hanya menghilangkan kejenuhan dalam belajar di kelas, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana pengembangan diri .

Hal tersebut sebagaimana dilakukan pusat kegiatan belajar mengajar Windsor Jakarta. Dengan mengusung tema Pengenalan Profesi kepada Peserta Didik dalam Usaha dan Industri, mereka menggelar outer class di Kidzania Area, Pacific Place, Jakarta, pada Rabu (14/6/2023).



Pimpinan PKBM Windsor Jakarta, Evi Susanty menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar anak mengenal berbagai profesi, seperti petugas pemadam kebakaran, dokter, petugas transportasi umum, pilot, dokter, hingga membuat mi dan pengemasan.

Dengan proses memperkenalkan tersebut, anak-anak diharapkan bisa menghargai semua profesi, dan mengembangkan karakternya.

"Selain itu, peserta didik juga dapat menanamkan jiwa Pancasila saling menghargai, bekerjasama dengan tim, dan menghargai pendapat orang lain," ungkap Evi Susanty di sela-sela kegiatan yang diikuti 784 orang, yang terdiri dari 674 siswa dan 120 pendamping dan guru tersebut.

Salah satu koordinator Windsor Jakarta, Rita Mulyanti, SE, M.Pd, menambahkan bahwa outing class ini merupakan kegiatan pengembangan diri siswa yang dilakukan menjelang liburan sekolah.

Mengembangkan Karakter Anak Melalui Pengenalan Berbagai Profesi
(Foto: istimewa)

"Di tempat ini, peserta diharapkan dapat bermain peran, pengembangan diri yang merupakan bagian dari kurikulum Merdeka, di mana peserta menjadi subjek pembelajaran dan bukan lagi hanya menjadi objek pembelajaran," jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)