5 Rahasia Memasak Nasi yang Tak Hanya Sekadar Matang

Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:59 WIB
loading...
5 Rahasia Memasak Nasi yang Tak Hanya Sekadar Matang
Memasak nasi memang terkesan sederhana, tetapi tidak semua orang mahir memasak nasi yang enak. Jadi, tetap dibutuhkan untuk memasak nasi yang enak. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok, khususnya bagi orang Asia. Sayangnya, meski memasak nasi terkesan sederhana, tetapi tidak semua orang mahir memasak nasi yang enak.

Belajar memasak nasi pun merupakan hal yang penting. Begitu Anda tahu cara membuat nasi yang empuk dan sempurna setiap waktu, Anda dengan mudah mengulangi prosesnya.

Anda bisa mempelajari sekarang ini. Salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan adalah rasio air terhadap beras. Seperti dilansir dari Real Simple, Anda pun bisa mengikuti panduan langkah demi langkah untuk membuat nasi di atas kompor yang nikmat. (Baca juga: Peneliti Sebut 3 Makanan Ini Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2 ).

Bahan-bahan:
Gelas pengukur
Air
Panci dengan penutup
Garam
Nasi
Sendok kayu
Garpu

Cara membuat:
1. Rebus air dan tambahkan garam
Setelah Anda membilas beras , tuangkan air (untuk setiap cangkir beras, gunakan 1¾ gelas air) ke dalam panci besar dengan tutup yang pas. Didihkan. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam air.

2. Tuang dalam beras
Tambahkan beras ke air mendidih.

3. Aduk sekali, atau cukup untuk memisahkan nasi
Gunakan sendok kayu untuk memisahkan gabah. Jangan terlalu diaduk karena bisa menyebabkan nasi menjadi lengket.

4. Tutup panci dan didihkan
Pastikan tutupnya pas dengan panci. Kecilkan api ke pengaturan terendah. Biarkan nasi mendidih selama 18 menit, kemudian angkat dan biarkan nasi menguap dalam panci selama 5 menit lagi.

5. Aduk nasi dengan garpu
Tepat sebelum disajikan, aduk nasi dengan garpu untuk memisahkan biji-bijian. Saat memasak nasi, pastikan tidak membuka panci atau mengaduk nasi saat memasak. Jika sudah selesai sebelum Anda siap untuk menyajikannya, letakkan handuk yang dilipat di atas panci, pasang kembali tutupnya, dan sisihkan. Handuk akan menyerap kelembaban dan kondensasi berlebih, membantu mencegah nasi lembek.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)