Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Tes DNA? Ini Gambarannya!

Jum'at, 16 Juni 2023 - 23:11 WIB
loading...
Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Tes DNA? Ini Gambarannya!
Tes DNA umumnya dilakukan untuk mengetahui berbagai informasi terkait kesehatan dan mengidentifikasi perubahan gen, kromosom, ataupun protein dalam tubuh. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tes DNA umumnya dilakukan untuk mengetahui berbagai informasi terkait kesehatan dan mengidentifikasi perubahan gen, kromosom, ataupun protein dalam tubuh.

Dalam prosesnya, pengujian genetik itu akan mengambil sampel darah, kulit, rambut, jaringan, atau cairan ketuban. Tes ini mungkin dapat mengonfirmasi atau mengesampingkan kondisi genetik seseorang.

"Tes ini juga dapat membantu menentukan peluang untuk mengembangkan atau meneruskan kelainan genetik," demikian informasi yang ditulis di laman Cleveland Clinic, dikutip Jumat (16/6/2023).



Tes DNA juga dapat berguna untuk memastikan atau mengesampingkan banyak penyakit dan kondisi yang berbeda. Kondisi tersebut meliputi down sindrom, penyakit huntington, fibrosis kistik, penyakit sel sabit, fenilketonuria, kanker usus besar (kolorektal), dan kanker payudara.

Lantas, berapa sih biaya yang dibutukan untuk tes DNA?

Soal harga tes DNA, masing-masing rumah sakit atau laboratorium bisa saja berbeda. Harga bisa berubah, sehingga ulasan ini sebagai gambaran saja bagi Anda yang ingin mengetahui berapa dana yang dibutuhkan sekiranya harus melakukan tes DNA.

- Harga tes DNA di RSCM berkisar Rp10 juta.

- Harga tes DNA di Global Doctor Indonesia
Jakarta Timur Rp6.550.00.



- Harga tes DNA di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung berkisar Rp9.000.000/3 anggota keluarga (+Rp1.000.000/1 tambahan anggota keluarga).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)